Semarak MTQH Ke-X Provinsi Kepri di Kota Batam

Malam Takruf

BATAMCLICK.COM : Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, menyambut dengan hangat semua kafilah peserta MTQH X Kepri. Ia menekankan pentingnya Batam menjadi tuan rumah terbaik dalam pelaksanaan MTQH X Kepri.

Dalam sambutannya, Wali Kota mengucapkan selamat datang kepada seluruh kafilah dan berharap pelaksanaan MTQH berjalan lancar. Ia juga mengajak para peserta untuk menikmati Kota Batam dengan nyaman dan aman. Batam telah mempersiapkan diri untuk menjadi tuan rumah terbaik dan menyukseskan acara MTQH X Kepri. Kehadiran para kafilah sangat dinanti di Kota Batam, yang dikenal sebagai Bandar Dunia Madani.

Wali Kota juga menegaskan pentingnya keadilan dalam penilaian oleh dewan hakim MTQH X Kepri. Ia berharap para peserta mendapatkan hasil yang sesuai dengan keahlian mereka. Tidak boleh ada kecurangan dalam kompetisi ini.

Selain itu, Wali Kota memaparkan sejumlah capaian dan program Pemerintah Kota Batam dan Badan Pengusahaan Batam. Beberapa program pemerintah melibatkan pembangunan bandara, pelabuhan, jalan protokol, dan lainnya. Dengan paparan ini, para peserta dari luar daerah dapat lebih mengenal Batam sebagai tuan rumah MTQH X Kepri.

MTQH X Tingkat Provinsi Kepri akan digelar mulai 20 hingga 27 Mei 2024 dan akan dipusatkan di Dataran Engku Putri, Batam Centre. Berbagai lomba akan diadakan, termasuk Cabang Seni Baca Al-Qur’an, Cabang Qira’at Al-Qur’an, Cabang Hafalan Al-Qur’an, Cabang Tafsir Al-Qur’an, dan lainnya.

Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustia, juga menyampaikan harapannya agar acara MTQH X Kepri berlangsung lancar tanpa kendala. Ia berpesan kepada peserta untuk mempersiapkan diri dengan matang dan berharap hasil MTQH X dapat membentuk kafilah Kepri yang terbaik untuk tingkat nasional³. Semoga Kepri terus berkembang dan meraih prestasi yang lebih baik lagi

BACA JUGA:   Rudi Serahkan Insentif Kepada 1.342 Guru Swasta di Tujuh Kecamatan

Pawai Takruf

Pawai Ta’aruf Musabaqoh Tilawatil Qur’an dan Hadis (MTQH) X Kepri di Batam berlangsung meriah, Senin (20/5/2024) pagi. Pawai Ta’aruf tersebut dipusatkan di kawasan Nagoya, Lubukbaja.

“Alhamdulillah pawai ta’aruf berlangsung meriah dan didukung cuaca yang sejuk,” ujar Wali Kota Batam, Muhammad Rudi.

Dalam acara yang diikuti khafilah se-Kepri itu, Wali Kota juga menyampaikan agar peserta bisa nyaman dan betah selama mengikuti semua rangkaian MTQH X Kepri.

“Selamat datang di Batam, mari jadikan MTQH X Kepri sebagai ajang mempererat silaturahmi dan mentadaburi nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur’an,” ajak Rudi.

Di kesempatan sama, Rudi mengajak semua masyarakat Kota Batam untuk memeriahkan dan menyukseskan MTQH X Kepri yang berlangsung 20-27 Mei 2024 di Dataran Engku Putri, Batamcentre.

“Semoga, dengan penyelenggaraan ini, memberikan dampak positif bagi Kota Batam dan Kepri,” katanya.

Sebelumnya, ia juga menyampaikan kebahagiaanya atas kehadiran para peserta MTQH X Kepri yang memenuhi undangan untuk menyukseskan kegiatan MTQH X Kepri.

“Sebagai tuan rumah, Batam siap melayani para tamu peserta MTQH X Kepri,” ujarnya.

Di kesempatan itu, Wali Kota juga menegaskan dewan hakim MTQH X Kepri untuk berbuat adil kepada peserta. Ia ingin para peserta mendapat hasil sesuai keahlian.

“Tidak boleh ada kecurangan dalam MTQH X Kepri di Kota Batam,” tegas Rudi.

Adapun, MTQH X Tingkat Provinsi Kepri, sejumlah lomba digelar yakni Cabang Seni Baca Al-Qur’an, Cabang Qira’at Al-Qur’an, Cabang Hafalan Al-Qur’an, Cabang Tafsir Al-Qur’an, Cabang Fahmil Al-Qur’an, Cabang Syarhil Al-Qur’an, Cabang Seni Kaligrafi Al-Qur’an, Cabang Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an, Cabang Musabaqah Hadits Nabi, Cabang Eksibisi dan Qasidah Rebana.

Sementara itu, Wakil Gubernur Kepri yang juga Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Provinsi Kepri, Marlin Agustia, menyampaikan bahwa rangkaian MTQH X Kepri mulai dari Malam Ta’aruf, Pawai Ta’aruf, Pelantikan Dewan Hakim, Pembukaan Bazar MTQH X, Pembukaan MTQH X, hingga Penutupan MTQH X Kepri.

BACA JUGA:   Sinergisitas TNI-Polri Dalam Pengerjaan Betonisasi

“Selamat datang para peserta, kita berkumpul dengan semangat sama menyukseskan MTQH X Kepri. Dengan acara ini, semoga kita saling mengenal dan memperkuat tali persaudaraan. Dan semoga acara MTQH X Kepri berlangsung lancar tanpa kendala dalam sepekan ke depan,” katanya.

Ia berpesan agar peserta menyiapkan diri dengan matang. Ia ingin hasil MTQH X bisa membentuk kafilah Kepri terbaik untuk MTQH tingkat nasional nanti.

“Suatu kebanggan kita STQH di Jambi mendapat peringkat 4 di Indonesia dari sebelumnya di peringkat 7. Semoga ke depan Kepri bisa lebih baik lagi,” ujarnya.

Masyarakat Kota Batam dan pelajar memadati Simpang Martabak Har, Nagoya, untuk menyaksikan kegiatan Pawai Taaruf Musabaqah Tilawatil Qur’an dan Hadist ((MTQH) X Tingkat Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Tahun 2024, Senin (20/5/2024) pagi. Kegiatan Pawai Taaruf merupakan bagian dimulainya MTQH Tingkat Provinsi Kepri X yang dilaksanakan dari 20 – 27 Mei 2024 di Dataran Engku Putri.

Peserta Pawai Taaruf MTQH X Tahun 2024, dilepas Gubernur Provinsi Kepri, Anshar Ahmad, Wakil Gubernur Provinsi Kepri, Marlin Agustina, Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, anggota Forkopimda Provinsi Kepri dan Forkopimda Kabupaten/Kota Provinsi Kepri.

Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M. Pd. menuturkan dengan dibukanya pawai taaruf menandakan kesiapan Kota Batam dalam menggelar event MTQH X Tingkat Provinsi 2024. Mendampingi Wali Kota Batam, Jefridin menuturkan tujuan dari kegiatan ini dalam rangka menjalin hubungan tali silaturahmi dan kepedulian sosial antar kafillah dari 7 kabuaten/kota se Provinsi Kepri. Sehingga diharapkan para Khafilah dapat saling mendukung kesuksesan pergelaran MTQH di Kota Batam.

BACA JUGA:   Batam Sembilan Kali Berturut Raih Opini WTP

“Melalui kegiatan ini diharapkan diantara sesama kafillah bisa saling mengenal antara satu dengan yang lainnya. Bagaimana terjalin silaturahmi, dan kekompakan untuk menghidupkan syiar Islam. Sebelumnya Pemerintah Kota Batam sudah menggelar Malam Taaruf menyambut kedatangan para kafillah di Kota Batam,” jelasnya selaku Ketua MTQH X Tingkat Provinsi Kepri Tahun 2024.

Beragam atraksi dan budaya ditampilkan dalam kegiatan pawai taaruf yang diikuti ribuan peserta ini. Diawali dengan barisan deville dari Kota Tanjungpinang. Dibarisan ke dua deville Kabupaten Lingga, Kabupaten Natuna, Kabupaten Anambas, Kabupaten Karimun, Kabupaten Bintan dan Kota Batam.

Masing-masing kafillah menampilkan ciri budaya dari masing-masing daerahnya. Meski cuaca pagi itu gerimis, namun tidak menyurutkan semangat peserta untuk ambil bagian dalam kegiatan pawai ta’aruf.

“Atas nama Wali Kota Batam dan Pemerintah Kota Batam, mengapresiasi dan berterimakasih kepada seluruh peserta Pawai Taaruf yang telah menyukseskan event pada pagi ini. Semoga setelah mengikuti kegiatan ini komunikasi diantara peserta dapat terjalin dengan baik,” harapnya.

MTQH X Tingkat Provinsi Kepri akan dibuka secara resmi pada Senin (20/5/2024) malam di Dataran Engku Putri. Malam pembukaan MTQH X Tingkat Provinsi Kepri akan dimeriahkan dengan penampilan artis penyanyi religi Alma Esbeye. Acara yang diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh Qori Internasional, Eidi Sabhan.

“Atas nama Wali Kota Batam, mengundang masyarakat Kota Batam untuk bersama-sama hadir diacara pembukaan MTQH X Tingkat Provinsi Kepri. Sebagai tuan rumah mari Kita sukseskan pelaksanaan MTQH tingkat Provinsi Kepri di Kota Batam,” katanya mengakhiri.(adv)