Imigrasi Batulicin luncurkan delapan program inovasi

BATAMCLICK.COM : Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, meluncurkan delapan program inovasi untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat saat mengurus paspor.

“Delapan inovasi layanan publik yang kami luncurkan dapat meningkatkan aksesibilitas dan efisiensi pelayanan paspor bagi masyarakat,” kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin I Gusti Bagus M. Ibrahim, di Batulicin, Minggu.

Gusti menjelaskan, delapan program inovasi tersebut diantaranya “Micin Darurat Mempermudah”. Melalui program itu, calon pemohon yang memerlukan paspor untuk pengobatan luar negeri tidak datang ke kantor imigrasi. Layanan ini memastikan pemohon bisa mendapatkan paspor tanpa harus meninggalkan rumah. Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui WhatsApp di 08118889224.

BACA JUGA:   Diciduk TNI Gara-gara Komen Negatif soal Nanggala, Imam Ngaku FB Dibajak

Micin Senja Memberikan layanan paspor di luar jam kerja, khususnya bagi mereka yang memiliki jadwal kerja padat. Layanan ini tersedia setiap Selasa dan Kamis pukul 16.00-18.00 WITA, memungkinkan pegawai/karyawan untuk mengurus paspor setelah jam kerja.

Micin Bersahabat Memanfaatkan jam istirahat kerja untuk layanan paspor, tersedia dari Senin hingga Kamis pukul 12.00-13.00 WITA, dan Jumat pukul 12.00-13.00 WITA. Inovasi ini memberikan kemudahan bagi pekerja yang memiliki waktu istirahat untuk mengurus dokumen tanpa mengganggu waktu kerja.

Micin Kompas Memberikan kompensasi berupa mug atau pengiriman paspor ke rumah bagi pemohon yang mengalami keterlambatan lebih dari tiga hari kerja. Layanan ini dirancang untuk mengatasi ketidaknyamanan akibat gangguan teknis yang menghambat pengolahan paspor.

BACA JUGA:   European Super League Diumumkan, FIFA Geram

Micin Pra BAP Mengadopsi teknologi informasi untuk permohonan penggantian paspor hilang/rusak secara online, mengurangi birokrasi dan waktu yang dibutuhkan. Layanan ini dapat diakses melalui SIPOLIK dengan nomor WhatsApp 08118889224.

SIPOLIK Sistem penjawab otomatis berbasis WhatsApp Gateway menyediakan informasi keimigrasian kapan saja dan di mana saja. Layanan ini bertujuan mengurangi kunjungan langsung ke kantor imigrasi dan memberikan informasi terkait prosedur, biaya, dan persyaratan layanan keimigrasian secara cepat.

Micin Pos Bekerja sama dengan Kantor Pos Indonesia untuk pengiriman paspor langsung ke alamat rumah pemohon, menghindari kebutuhan untuk datang ke kantor imigrasi. Layanan ini memberikan solusi praktis dan efisien bagi masyarakat yang sibuk atau memiliki keterbatasan akses ke kantor imigrasi.

BACA JUGA:   Barcelona Tunjuk Pelatih Interim Pengganti Koeman

Eazy Passport Layanan permohonan paspor di luar kantor yang menggunakan mobil layanan keliling, terutama ditujukan untuk masyarakat di Pulau Kotabaru.

Dengan dua kali pelayanan per bulan, inovasi ini mengurangi kebutuhan masyarakat untuk melakukan perjalanan jauh ke Kantor Imigrasi Batulicin. Informasi terkait waktu pelayanan dapat diakses melalui Instagram @imigrasibatulicin.

“Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin berkomitmen untuk meningkatkan akses dan kenyamanan masyarakat dalam mendapatkan layanan paspor, seiring dengan upaya modernisasi dan peningkatan efisiensi pelayanan publik,” tutupnya.

Sumber : Antara