MWA UNS Buka Peluang SDM dari PTNBH Lain Ikuti Seleksi Rektor

BATAMCLICK.COM: Majelis Wali Amanat Universitas Sebelas Maret (MWA UNS) Surakarta membuka peluang bagi sumber daya manusia (SDM) dari perguruan tinggi negeri berbadan hukum (PTNBH) lain untuk mengikuti seleksi rektor.

Ketua Panitia Pemilihan Rektor (PPR) UNS Prof Mohammad Jamin di Solo, Jawa Tengah, Jumat, mengatakan sudah mengirimkan surat kepada 20 rektor PTNBH di seluruh Indonesia.

“Kami PTNBH, maka kami juga mencari bakal calon rektor juga dari PTNBH. Maka kami mengirimkan surat pada rektor PTNBH, siapa tahu ada dosen mereka yang ingin mendaftarkan diri sebagai Rektor UNS,” katanya.

BACA JUGA:   Mayat Wanita Terbungkus Karpet, Polisi: Korban Meninggal 2-3 Hari yang Lalu

Ia mengatakan beberapa PTNBH tersebut di antaranya IPB, ITB, ITS, Unair, Universitas Andalas, Undip, UGM, Universitas Hassanudin, Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Padang, Universitas Indonesia, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Padjajaran, Universitas Syiah Kuala Aceh, dan Universitas Terbuka.

“Surat sudah kami kirimkan beberapa hari yang lalu. Kami tidak melihat prioritas, semua kami surati,” katanya.

Ia memastikan proses pemilihan rektor akan berjalan transparan.

“Kami sangat mengantisipasi dan memitigasi agar tidak ada kesalahan dan komplain dari siapapun. Meski demikian kami juga menyediakan kanal pengaduan. Kami pastikan proses transparan dan objektif,” katanya.

BACA JUGA:   Jadikan Pemacu untuk Meningkatkan Pelayanan kepada Masyarakat

Pada kesempatan yang sama, Ketua MWA UNS Prof Muliaman Darmansyah Hadad mengatakan sudah melakukan sosialisasi pelaksanaan pemilihan Rektor UNS.

“PPR akan langsung melaksanakan pendaftaran dan verifikasi administrasi selama 15 hari kerja mulai tanggal 2-28 Mei, Senin-Jumat pukul 09.00-15.00 WIB,” katanya.

Beberapa rangkaian jadwal setelahnya adalah penerimaan masukan dari warga kampus UNS yang dilaksanakan pada 25 Juni-2 Juli 2024 dan Forum Uji Publik oleh panelis pada tanggal 2 Juli 2024.

Selanjutnya, pada 9 Juli MWA UNS akan menetapkan dan mengumumkan nama-nama calon rektor.

BACA JUGA:   Gubernur Ansar Terima Kunjungan Anggota V BPK RI di Gedung Daerah

“Para calon rektor akan melakukan penyampaian visi, misi, dan program kerja masing-masing pada 18 Juli. Kemudian dilanjutkan dengan pemilihan rektor melalui rapat pleno di hari yang sama,” katanya.

Ia mengatakan penetapan rektor terpilih dan penyampaian hasil penetapan kepada rektor terpilih akan langsung dilakukan usai rapat pleno.

“Akhir dari rangkaian kegiatan ini, pada 8 Agustus dilakukan pelantikan dan pengambilan sumpah Rektor UNS terpilih untuk masa jabatan 2024-2029,” katanya.*
Sumber:Antara