Cen Sui Lan Anggarkan Dana Aspirasi Rp 36 M Lanjutkan Pembangunan Pelabuhan Roro Kuala Maras Anambas

Batamclick.com, Anambas – Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri, Cen Sui Lan menyatakan pembangunan lanjutan pelabuhan penyeberangan roll on roll of (roro) di Kuala Maras, Kabupaten Kepulauan Anambas dialokasikan anggaran Rp36 miliar pada tahun anggaran 2024 nanti.

Pembangunan pelabuhan roro Kuala Maras tahapa II senilai Rp36 miliar dari aspirasi Cen Sui Lan ini segera dilelang.
Saat ini, pembangunan tahap pertama pembangunan pelabuhan roro Kuala Maras, Anambas sudah selesai 100 persen. Untuk memastikan pembangunan tahap pertama yang sudah selesai itu, Cen Sui Lan langsung meninjau lokasi pada saat kunjungan kerja, Kamis (14/12/2023).

Dalam kunjungan tersebut Cen Sui Lan didampingi dua pejabat pemerintah pusat, yaitu Avi Mukti Amin Kepala BPTD Riau dan Dini Kusumawati Kepala BPTD Kepri. Dua pejabat pusat ini turut meninjau lokasi bersama Cen Sui Lan, karena selaku bertanggung jawab atas pelaksanaan pembangunan pelabuhan roro Kuala Maras, Letung, Kabupaten Kepulauan Anambas.

Selain dua Pejabat Tinggi Pratama pemerintah pusat tersebut, Cen Sui Lan juga didampingi Ahmad Yani Anggota DPRD Anambas, Abdul Kadir KadisHub Anambas, Wan Iwan Marzuni Camat Jemaja Timur, para Kades serta tokoh masyarakat setempat.

BACA JUGA:   Tangkap Anak Rita Sugiarto, Polisi Sita Sabu Seberat 0,9 Gram

Di lokasi pembangunan pelabuhan roro Kuala Maras tersebut, Cen Sui Lan menerima penjelasan dari Avi Mukti Amin Kepala BPTD Riau dan Dini Kusumawati Kepala BPTD Kepri Ditjen Hubdat Kemenhub RI, tentang proyek tahap pertama yang sudah selesai 100 persen.

Pembangunan pelabuhan penyeberangan kapal roro di Kuala Maras ini berasal dari aspirasi Cen Sui Lan, dengan Multi Years Contract atau kontrak tahun jamak tahun anggaran 2023 dan tahun anggaran 2024.

“Pembangunan pelabuhan penyeberangan roro pada tahap II (penyelesaian) ini, mendapat anggaran Rp36 Milyar, segera dilelang,” tegas pejabat pusat tersebut kepada Cen Sui Lan.

Dalam kegiatan tersebut, Cen Sui Lan berjalan di pelantar darurat yang digunakan untuk penghubung ke pelabuhan penyeberangan Roro Kuala Maras, Letung. Karena, pembangunan dimulai dari sisi lautnya, dan penyelesaian kemudian dari sambungan T sisi darat serta.

BACA JUGA:   Ketua DPRD Jumaga Dampingi Mendagri dan Wamenhan Launcing Vaksin Booster di Kepri

Cen Sui Lan juga meninjau bangunan terminal tunggu penumpang dan sarana prasarana lainnya. Termasuk jalan yang terjal direvitalisasi oleh Cen Sui Lan dengan menugaskan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Kepri Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR pada tahun anggaran 2024.

“Jalan yang akan direvitalisasi ini merupakan jalan keluar masuk pelabuhan Roro. Infrastruktur jalan tersebut dibenahi agar arus orang, barang dan jasa bisa lancar,” jelasnya.

Avi Mukti Amin dan Dini Kusumawati juga menjelaskan secara rinci tentang sisi darat dan rencana detail terminal penumpang, sarana prasarana lainnya.

Seperti parkir, mekanikal dan eletrikal dan jalan akses yang dimintakan Cen Sui Lan, agar secara paralel dibangun. Sehingga fungsional pelabuhan penyeberangan Roro Kuala Maras, Letung dapat meningkatkan arus barang, jasa dan orang. Sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Anambas.

Tokoh masyarakat setempat sangat berterima kasih kepada Cen Sui Lan atas pembangunan pelabuhan penyeberangan Roro di Kuala Maras, Letung.

BACA JUGA:   Partisipasi Masyarakat Buat Kepri Makin Cepat Pulih

Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri menjelaskan, pembangunan tahap II (penyelesaian) pelabuhan penyeberangan kapal roro Kuala Maras, Letung, Kabupaten Anambas segera dilelang tahun anggaran 2024, dengan pagu anggaran Rp36 miliar.

“Progres pembangunan pelabuhan roro ini disegerakan, agar berfungsi dan bisa melayani masyarakat Kabupaten Anambas, khususnya transportasi laut.
Sehingga arus barang, jasa dan orang bisa menjadi lancar. Dan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat, sekaligus meningkatkan ekonomi serta pertumbuhan ekonomi Kabupaten Anambas, dan Kepri,” tutur Cen Sui Lan.