Mahasiswa UI Bantu Pengembangan Bisnis UMKM Melalui Internet

BATAMCLICK.COM: Mahasiswa Magister Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Indonesia (UI) Ricky Aditya membantu pengembangan bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) melalui implementasi Internet of Things (IOT).

“Saat ini, pelaku UMKM memerlukan dorongan dan bantuan dalam rangka pengembangan bisnisnya untuk dapat bersaing melalui implementasi Internet of Things (IOT),” kata Ricky Aditya di Depok, Sabtu.

Ia mengatakan peran dari pihak akademisi, pemerintah dan pelaku bisnis itu sendiri yang terangkum dalam konsep Triple Helix dapat membantu menjembatani proses pengimplementasian IOT pada UMKM.

“Pemerintah memiliki peran yang penting dalam hal menyediakan regulasi dan mendorong inisiatif inovasi,” ujarnya.

BACA JUGA:   Kronologi Kaesang Sudahi Hubungan dengan Felicia Versi Sang Kakak

Kaitannya dengan implementasi IOT adalah pemerintah merumuskan peraturan yang berkaitan dengan pengembangan UMKM, memfasilitasi promosi produk UMKM, menjadi mediator bagi UMKM untuk pihak swasta, serta mengintensifkan bantuan modal usaha untuk mengimplementasikan berbagai teknologi terbaru.

Sementara itu, akademisi berperan dalam rangka implementasi IOT dengan melakukan program pelatihan pengenalan dasar komputer, desain untuk website dan packaging material, teknik promosi melalui digital, dan peningkatan kualitas bahan baku.

Sedangkan, dunia bisnis utamanya hadir sebagai penyedia dana melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) dalam rangka memberikan modal kepada UMKM. Hal ini untuk dapat mengimplentasikan smart production dan digital bisnis yang terangkum dalam konsep IOT.

BACA JUGA:   Arsenal Mesti Ubah Strategi Transfer!

“Ketiganya bekerja sama dan diharapkan dapat berjalan sesuai program yang direncanakan. Pengimplentasian program Internet of Things (IOT) dengan konsep triple helix model mampu menghemat waktu dan biaya,” katanya.

Sehingga lanjut ia akan mempercepat program untuk pengembangan UMKM di Indonesia, karena semakin bertambahnya jumlah UMKM yang berkembang, stabilitas ekonomi Indonesia secara otomatis akan semakin baik.

Ia mengaku, hal ini membantunya untuk menyusun kerangka latar belakang dan juga teori dalam menghubungkan variabel triple helix.

“Yang menjadi tantangan dalam mengikuti kompetisi ini adalah bagaimana saya harus bisa membagi waktu antara menjadi mahasiswa sekaligus pekerja,” katanya.

BACA JUGA:   Amsakar Ajak Para Pelaku Usaha Dukung Pemerintah Bangun Batam

Namun, saya terus berusaha semaksimal mungkin, karena saya percaya usaha tidak akan mengkhianati hasil. Untuk bisa berprestasi, tidak ada batasan waktu ataupun usia. Untuk itu, semua orang bisa berprestasi asalkan punya kemauan dan ambisi.

Berkat penelitiannya yang berjudul “Optimalisasi UMKM melalui Penerapan Internet Of Things Menggunakan Pendekatan Tripple Helix Model” tersebut, Ricky berhasil meraih Juara 1 pada kategori lomba essay Mancom 2023.

Kompetisi ini dilaksanakan pada pada 9 September 2023-9 November 2023. Dalam Menyusun karyanya tersebut, Ricky melakukan berbagai macam riset mulai dari jurnal hingga berita.

Sumber: Antara