Semarak Idul Adha Kota Batam

Pawai Takbir

Pawai takbir malam Iduladha 1445 Hijriah tingkat Kota Batam berlangsung meriah, Minggu (16/6/2024) malam. Ribuan warga tumpah ruah ikut bertakbir hingga menyaksikan kendaraan hias di Dataran Engku Hamidah, Batam Centre, tersebut.

Pawai takbir yang dimeriahkan kendaraan hias itu diikuti Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Batam hingga sejumlah organisasi masyarakat, masjid, musala, dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Batam.

Secara resmi, kendaraan hias itu dilepas langsung oleh Wali Kota Batam, Muhammad Rudi. Sebelum melepas mobil hias, Rudi memimpin takbiran bersama ribuan masyarakat dalam menyambut Hari Raya Iduladha tingkat Kota Batam tersebut.

Rudi terlihat khusyuk mengumandangkan takbir, tasbih, dan tahmid. Kumandang takbiran itu diiringi pejabat hingga masyarakat Batam yang hadir di malam itu.

Usai bertakbir, secara beriringan, mobil hias mulai bergerak menelusuri rute yang ditetapkan. Sejumlah bentuk seperti kapal, masjid, dan berbagai bentuk lainnya sukses membuat pengunjung terpukau.

“Selamat merayakan Hari Raya Iduladha 1445 Hijriah, mewakili Pemko Batam dan BP Batam, menyampaikan mohon maaf lahir dan batin,” ucap Rudi.

Di kesempatan itu, Rudi mengajak masyarakat Batam memaknai Iduladha dengan terus berkurban. Ia menyampaikan, nilai berkurban sangatlah penting untuk membuktikan rasa kepedulian ke sesama dan juga rasa takwa kepada Allah.

“Kurban menjadi bukti cinta kita pada sesama, jadikanlah perayaan Iduladha sebagai momentum pembersihan diri,” ujarnya.

Ia menegaskan, berkurban di Hari Raya Iduladha merupakan gambaran keikhlasan umatNya serta ketaatan serta pengorbanan yang sempurna.

“Semoga keikhlasan dan pengorbanan di momen Iduladha 1444 H bernilai ibadah,” ujarnya.

Selian itu, ia juga meminta masyarakat mendukung pemerintah dalam membangun daerah. Ia menegaskan, pembangunan di Batam semata-mata demi kesejahteraan masyarakat.

“Dengan perubahan yang ada di Batam, semoga semua bahagia hidup di Kota Batam,” ujar Rudi.

Sementara itu, Ketua Panitia Pawai Takbir Kota Batam, Salim, melaporkan, lomba mobil hias ini memperebutkan total hadiah Rp 38 juta dengan rincian juara 1 akan mendapat Rp12 juta, juara 2 Rp10 juta, juara 3 Rp8 juta, juara 4 sebesar Rp 6 juta, dan juara favorit Rp2 juta.

“Mobil hias ini melalui rute dari Dataran Engku Hamidah dan finish di Simpang Tembesi dengan total 86 peserta,” ujar Salim yang juga sebagai Kepal Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam tersebut.

BACA JUGA:   BP Batam Peduli, Ribuan Paket Sembako dan Santunan Anak Yatim Disalurkan

Selain itu, ia juga melaporan terkait pelaksanaan salat Iduladha dan pelaksanaan kurban di Batam. Untuk pelaksaan salat akan dilaksanakan di 903 titik, dan tingkat Kota Batam dipusatkan di Dataran Engku Putri, Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah, dan Masjid Baiturrahman Sekupang.

“Untuk hewan kurban, total ada 4.986 ekor dengan rincian 1.491 sapi dan 3.495 kambing,” tutup Salim.

Engku Hamidah Holiday

Selain merayakan malam takbiran, di lokasi itu juga, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam menggelar Engku Hamidah Holiday yang berlangsung 14-18 Juni 2024.

“Ini pertama kali kami gelar untuk memeriahkan menyambut Lebaran Iduladha tahun ini di Batam,” ujar Kepala Disbudpar Batam, Ardiwinata.

Event Engku Hamidah Holiday akan digelar rutin setiap menyambut Iduladha di Batam. “Dengan event ini, masyarakat bisa merayakan malam takbiran sambil berwisata kuliner di Dataran Engku Hamidah,” katanya.

Ia berharap, dengan event ini pariwisata dan ekonomi kreatif di Batam makin tumbuh dan menjadi andalan Batam dalam mengumpulkan pendapatan asli daerah.

“Ini menjadi daya tarik bagi wisatawan nusantara maupun mancanegara. Ayo berwisata kuliner di Dataran Engku Hamidah,” ujarnya.

Sholat Ied di Masjid Sultan

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, menunaikan salat Iduladha 1445 bersama ribuan jemaah di Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah, Batuaji, Senin (17/6/2024).

Salat yang juga diikuti Wakil Gubenur Kepri, Marlin Agustina itu, juga terlihat sejumlah pejabat, hingga anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompida).

Suasana salat Iduladha itu terasa khidmat ketika para jemaah yang hadir bersama melantunkan takbir yang menggema.

“Alhamdilliah kita masih diberikan kesempatan dan kesehatan untuk dapat hadir menunaikan ibadah salat iduladha di masjid yang kita banggakan iniz Mari kita maknai iduladha ini untuk saling berbagi dengan sesama, mengharap ridho dan keberkahan dari Allah SWT,” ucap Wali Kota.

Pelaksanaan salat Iduladha kali ini dilaksanakan di 903 titik, dan tingkat Kota Batam dipusatkan di Dataran Engku Putri, Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah, dan Masjid Baiturrahman Sekupang.

Untuk hewan kurban, total ada 4.986 ekor dengan rincian 1.491 sapi dan 3.495 kambing. Artinya ada kenaikan 13,7 persen dari tahun sebelum nya yang tersebar di seluruh Kota batam.

BACA JUGA:   Jefridin Serahkan Bantuan Berobat Untuk Lasudin Penderita Tuberkulosis

Untuk masjid Sultan Mahmud Riayat Syah sendiri memotong 8 ekor sapi dan 9 ekor kambing. Sementara di waktu yang sama Wali Kota Batam juga menyumbang 6 ekor sapi yang beratnya rata-rata di atas 500 pon.

Lubukbaja Juara Mobil Hias

Sebelum dimulainya salat Iduladha, panitia mengumumkan hasil pemenang kendaraan hias yg diadakan pada Minggu malam 16 juni 2024 malam.

Untuk juara pertama dimenangkan oleh Kecamatan Lubukbaja, juara kedua Sekupang, juara ketiga Nongsa, dan harapan I dimenangkan oleh Satpol PP Kota Batam.

Lomba mobil hias ini memperebutkan total hadiah Rp 38 juta dengan rincian juara 1 akan mendapat Rp12 juta, juara 2 Rp10 juta, juara 3 Rp8 juta, juara 4 sebesar Rp 6 juta, dan juara favorit Rp2 juta.

Mobil hias ini melalui rute dari Dataran Engku Hamidah dan finish di Simpang Tembesi dengan total 86 unit kendaraan.

Wakil Gubernur Kepulauan Riau, sekaligus Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP- PKK) Kota Batam Marlin Agustina, melaksanakan salat Iduladha 1445 Hijriah di Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah, Tanjunguncang, Batuaji, Batam, senin (17/6/2024).

Wali Kota Batam sekaligus Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Muhammad Rudi, juga tampak melaksanakan salat Iduladha di Masjid terbesar se-Sumatera tersebut.

“Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar. Lailaha Illallahu waallahu Akbar, Allahu Akbar wa lillahi Ilham. atas nama pribadi dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau mengucapkan selamat Hari Raya Iduladha 1445 Hijriah/2024 M, mohon maaf lahir batin,” ucap Marlin.

Dalam sambutannya, Marlin mengatakan, bahwa berbicara tentang Iduladha tidak akan terlepas tentang ibadah haji dan kurban. Keduanya merupakan ibadah untuk menyempurnakan iman seseorang, sekaligus merupakan jalan untuk bersyukur kepada Allah SWT.

Hal ini ditegaskan kembali melaui kisah Nabi Ibrahim AS yang diperintahkan Allah SWT untuk menyembelih puteranya, Ismail AS yang baru saja menginjak usia remaja.

Karena kedua Nabi Allah taat dengan perintah Allah, Ikhlas dan rela. Oleh karenanya Allah terima pengorbanan tersebut seraya menukarnya dengan seekor domba.

Pada momentum Iduladha 1445 Hijriah ini, Marlin mengajak jemaah kembali belajar, bahwa apapun ibadahnya, semua butuh keikhlasan dan niat yang lurus.

Marlin juga mengajak untuk mempererat tali silaturahmi, menumbuhkan semangat berbagi, dan semangat dalam menggapai takwa.

BACA JUGA:   Setelah Sembuh, RS KPJ Puteri Dandan Pasien dari Indonesia

“Bila halnya kita contohkan dengan kurban, maka berkurbannya seseorang sebagai tanda syukur kepada Allah akan mengantarkan mereka untuk lebih semangat dalam berbagi,” katanya.

“Begitulah sejatinya hakikat kebaikan. Semakin kita menyukai kebaikan, maka akan semakin ingin kita menebar kebaikan tersebut. Karena kita sadar bahwa dunia ini hanyalah tempat persinggahan dan tempat kita untuk memperbanyak amalan kebaikan,” sambungnya.

Penyembelihan

Wali Kota Batam Muhammad Rudi, bersama Wakil Gubernur Kepulauan Riau sekaligus Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Batam Marlin Agustina, menyaksikan secara langsung pemotongan hewan kurban, senin (17/6/2024).

Bertempat di lahan kosong, belakang Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah, Tanjunguncang, Batuaji, Batam, Wali Kota Rudi menyerahkan enam ekor sapi dengan kualitas super untuk dikurbankan.

Bahkan, bobotnya ada yang sampai 1 ton. Hewan kurban tersebut, Rudi serahkan secara simbolis kepada Ketua Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah, Yumasnur.

“Ini dalam rangka membersihkan diri, meningkatkan takwa dan mendekatkan diri kepada Allah SWT,” ujar Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Kepulauan Riau ini.

Rudi menitipkan kepada panitia kurban untuk tidak dan lengah. Rudi berharap, proses berjalan dengan lancar dan baik-baik saja.

Selain itu, Wali Kota Batam juga mengatakan, bahwa pihaknya akan melakukan pengecatan kembali Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah.

“Sesuai desain, pembangunan masjid ini belum selesai. Itu karena keterbatasan anggaran. Tahun ini rencananya akan dicat kembali,” ujarnya.

Rudi juga mengungkapkan, bahwa pembangunan revitalisasi masjid Agung Batamcentre akan selesai pada bulan agustus 2024 mendatang.

“Mungkin tak sebesar masjid ini, namun masjid akan dilengkapi dengan teknologi terlebih dulu. Keberadaan masjid-masjid ini akan menjadi kebanggaan masyarakat Kota Batam,” ungkapnya.

“Saya akan melakukan yang terbaik untuk Kota Batam. Jaga kekompakan dan kebersamaan demi kemajuan Kota Batam yang kita cintai,” sambungnya.

Hadir juga dalam kesempatan ini, Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Batam Rendi Zulmariadi, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretaris Kota Batam Yusfa Hendri.

Selain itu, hadir Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kota Batam Heriman, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Batam, dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Batam lainnya.

Penulis: daraEditor: abim