Bangka Selatan pantau harga bahan pangan kendalikan inflasi

BATAMCLICK.COM : Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terus memantau harga bahan pangan, bagian upaya pengendalian inflasi di daerah setempat.

“Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) terus melakukan pemantauan harga dan ketersediaan bahan pangan agar tetap stabil,” kata Sekretaris Daerah Bangka Selatan Harus Setiawan di Toboali, Senin.

Ia mengatakan, pemantauan harga dan ketersediaan bahan pangan dilakukan untuk pengendalian inflasi di daerah sesuai dengan instruksi presiden dalam rakornas pengendalian inflasi beberapa waktu lalu.

“Pemerintah daerah sudah melakukan beberapa upaya untuk pengendalian inflasi yang dilakukan oleh Disperindag dan Dinas Pertanian Pangan Perikanan,” ujarnya.

BACA JUGA:   Dulu Jalan Desa Sungai Ulu dan Sepempang Becek, Berkat Cen Sui Lan Berubah Jadi Beton

Upaya yang dilakukan yakni pemantauan harga komoditas bahan pangan yang ada di pasar yang diperkirakan meningkat saat Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah.

“Dari hasil pemantauan, harga sejumlah bahan kebutuhan pokok masih relatif stabil,” ujarnya.

Selain pemantauan harga, dengan skala tertentu juga menggelar operasi pasar yang bekerja sama dengan Bulog sebagai bentuk intervensi pemerintah dalam menstabilkan harga bahan kebutuhan pokok.

“Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan juga telah melakukan antisipasi beberapa komoditas yang tingkat konsumsinya akan naik, sehingga dilakukan penambahan stok,” ujarnya.

BACA JUGA:   Badan Usaha Pelabuhan Layani 580 Ribu Penumpang Pada Periode Angkutan Lebaran 2024

Ia mengatakan, ketersediaan bahan pokok juga sangat menentukan karena dapat memicu kenaikkan harga tingkat pedagang.

“Jika persediaan terbatas, maka harga cenderung naik dan tentu saja dapat memicu inflasi,” ujarnya.

Sumber : Antara