Jefridin Pimpin Rapat Persiapan MTQ Tingkat Kepri

BATAMCLICK.COM: Kota Batam menjadi tuan rumah pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an & Hadits (MTQH) Tingkat Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) X Tahun 2024. Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M. Pd. mengatakan MTQH Tingkat Provinsi Kepri X Tahun 2024 dijadwalkan pada tanggal 20 – 27 Mei Tahun 2024 di Kota Batam. Untuk tempat pelaksanaan MTQH Tingkat Provinsi Kepri ini akan dipusatkan di Dataran Engku Putri.

Sebagai tuan rumah, Batam harus sukses prestasi dan sukses dalam penyelenggaraan. Didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra, Yusfa Hendri, Asisten Ekonomi Pembangunan, Firmansyah dan Asisten Administrasi Umum, Heriman HK, Jefridin memimpin Rapat Koordinasi Persiapan MTQH X Provinsi Kepri Tahun 2024. Rapat yang diikuti pimpinan Perangkat Daerah di lingkungan Pemko Batam ini digelar di Ruang Rapat Hang Nadim, Lantai IV Kantor Walikota Batam, Rabu (17/04/2024).

“Batam pernah menjadi tuan rumah penyelenggara MTQ Tingkat Nasional di tahun 2014 lalu. Berdasarkan pengalaman sebagai tuan rumah pada saat itu, maka penyelenggaraan MTQH Tingkat Provinsi Kepri harus lebih baik lagi. Namun begitu, perlu koordinasi dan kolaborasi dengan stake holder, sehingga pelaksanaan MTQH Tingkat Provinsi di Kota Batam benar-benar sukses dari awal hingga akhir,” ujarnya.

BACA JUGA:   Kejar Target Vaksinasi, Kapolresta Barelang Dampingi Kapolda Kepri Tinjau Vaksinasi Di Mako Brimob Polda Kepri

Menyampaikan pesan Wali Kota Batam, Muhhamad Rudi, selain sukses sebagai penyelenggara, juga harus sukses prestasi. Kota Batam harus mempertahankan juara umum yang berhasil diraih pada Musabaqah Tilawatil Quran IX tingkat Provinsi Kepri pada tahun 2022 lalu. Pada pelaksanaan MTQ IX tingkat Provinsi Kepri yang digelar di Kabupaten Anambas, Batam berhasil meraih total nilai 151 sehingga menjadi juara umum.

“Predikat juara umum harus dipertahankan. Tentunya Pemko Batam telah mempersiapkan kafilah yang telah mengikuti seleksi melalui MTQH mulai dari Tingkat Kelurahan, MTQH Tingkat Kecamatan dan terakhir MTQH Tingkat Kota Batam yang sudah dilaksanakan pada bulan Maret lalu. Harapan Bapak Wali Kota, para kafilah in dapat tampil maksimal sehingga berhasil meraih prestasi terbaik,” tuturnya.

BACA JUGA:   Chelsea Perpanjang Kontrak Thomas Tuchel Hingga 2024

Adapun golongan yang dilombakan yakni Cabang Seni Al Qur’an dan Qira’at Al Qur’an, Cabang Hafalan Al Qur’an 1 juz dan 5 juz Tilawah, Cabang Hafalan Al Qur’an 10, 20 dan 30 juz dan Tafsir, Cabang Seni Kaligrafi Al Qur’an, Cabang Musabaqoh Karya Tulis Ilmiah Al Qur’an, Cabang Musabaqoh Hafalan Al Hadist, Cabang Fahmil Qur’an dan Cabang Syarhil Qur’an.

Dijelaskannya, untuk pendaftaran peserta akan dilakukan secara online melalui e-MTQ pada masing-masing administator Kabupaten/Kota pada tanggal 26 sampai dengan 29 April 2024. Verifikasi pertama akan dilaksanakan pada tanggal 30 April sampai 2 Mei 2024 oleh Tim Verifikator, tentunya mengacu pada persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan. Bidang penerimaan pendaftaran LPTQ Provinsi Kepri, akan menyampaikan seluruh data peserta kabupaten dan kota ke masing-masing LPTQ Kabupaten/Kota pada tanggal 3 sampai 4 Mei 2024. Untuk masa sanggah akan diberlakukan dari tanggal 5 sampai 6 Mei 2024. Masa tanggapan 7 sampai 8 Mei, masa perbaikan tanggal 9 sampai 10 Mei, verifikasi ke dua tanggal 11 sampai 12 Mei. Untuk tecnikal meeting penetapan peserta pada tanggal 15 Mei 2024.

BACA JUGA:   Pemko Batam Terima Bantuan 120.000 Masker dari PT Shimano

“Masing-masing penanggungjawab bidang acara sudah ditentukan melalui Surat Keputusan. Kepala pimpinan Perangkat Daerah yang ditunjuk harus bertanggungjawab melaksanakan tugas yang diberikan, sehingga kegiatan MTQH Tingkat Kota Batam ini berlangsung sukses dari pembukaan hingga akhir nanti,” ujarnya selaku Ketua Pelaksana.(*)