Gubernur : Kolaborasi bersama Bank Indonesia perkuat ekonomi Papua

BATAMCLICK.COM : Penjabat Gubernur Papua Muhammad Ridwan Rumasukun menyampaikan kolaborasi bersama Kantor Perwakilan Bank Indonesia setempat dapat memperkuat ekonomi Bumi Cenderawasih yang lebih baik.

Hal ini disampaikan pada upacara pengukuhan Kepala Bank Indonesia yang baru yakni Faturachman bertempat aula Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jumat (17/5).

“Kami berharap sinergi dan kolaborasi yang telah terjalin baik dapat terus berlanjut guna memperkuat perekonomian Papua,” kata Ridwan.

Menurut Ridwan, Bank Indonesia telah lama menjadi mitra strategis pemerintah.

“Kolaborasi dan koordinasi antara Pemerintah dan Bank Indonesia dalam mendukung perekonomian Papua sangatlah baik dan besar manfaatnya bagi kami,” ujarnya

BACA JUGA:   Allegri Akui, Juventus di Masa Sulit

Dia menjelaskan untuk itu kerja sama yang dilakukan selama ini tidak hanya sebatas saran saja dalam forum-forum ekonomi maupun Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) namun berkembang melalui dukungan langsung kepada pembangunan ekonomi rakyat di lapangan.

“Hal ini tercermin dari peran Bank Indonesia dalam pengembangan sektor rill, antara lain dengan mendukung pemberdayaan UMKM, serta menginisiasi klaster-klaster berbasis ketahanan pangan maupun pada komoditas unggulan,”katanya.

Dia menambahkan tentu upaya yang baik tersebut telah menghasilkan pencapaian yang sangat baik terbukti pada pertumbuhan ekonomi Papua pada triwulan pertama 2024 tertinggi se Indonesia yaitu sebesar 17,49 persen (yoy).

BACA JUGA:   Anggota DPR RI Cen Sui Lan Serahkan Bantuan Kerambah Jaring Apung Pada Kelompok Nelayan di Tanjungpinang

“Dan inflasi tahunan Provinsi Papua pada April 2024 terendah se-Indonesia 1,78 persen (yoy).

Sumber : Antara