Semarak Idul Fitri Pemerintah Kota Batam

BATAMCLICK.COM: Moment perayaan Idul Fitri 1445 H, atau bertepatan dengan 2024 kali ini, dihiasi dengan berbagai kegiatan Pemerintah Kota Batam, Mulai dari Pawai Takbir Keliling dan perlombaan kenadaraan hias, Sholat Ied Berjamaah di Alun-Alun engku Putri, Open House Walikota Batam, hingga ke Silaturahim ASN.

Pawai Takbir dan Lomba Kendaraan Hias

Kecamatan Nongsa ditetapkan sebagai peserta terbaik lomba mobil hias pawai takbir keliling Idulfitri 1445 H tingkat Kota Batam. Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, mengapresiasi kreativitas peserta.

Secara berurut, pemenang lomba Pawai Takbir Keliling yakni Kecamatan Nongsa sebagai juara 1 dengan nilai 73,5, disusul Kecamatan Lubukbaja sebagai juara 2 dengan nilai 69, Kecamatan Batuampar juara 3 dengan nilai 68, dan juara IV Masjid Agung Batam dengan nilai 66.

“Selamat untuk Kecamatan Nongsa. Kami mengapresiasi kreativitas peserta yang menampilkan berbagai bentuk mobil hias dalam pawai takbir keliling,” ujarnya.

Wali Kota juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh umat Islam di Kota Batam dan Provinsi Kepri atas suksesnya pergelaran takbir yang begitu antusias dan menandakan kemenangan dalam melawan segala godaan selama menjalani bulan Puasa dengan senantiasa mengendalikan diri dengan mematuhi perintah Allah SWT serta menjauhi larangan-laranganNya.

“Selamat juga bagi para pemenang pawai takbir, dan mari jadikan pawai takbir ini sebagai momentum dalam syiar Islam dan kalam Ilahi di wilayah kerja masing-masing,” katanya.

BACA JUGA:   Polsek Lubuk Baja Ringkus Pelaku Curanmor

Sholat Ied

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, bersama ribuan jemaah menggelar salat Idulfitri di Dataran Engku Putri, Batam Centre, Rabu (10/4/2024).

Meski hujan lebat mengguyur, namun sedikit pun tak menjadi penghalan untuk menunaikan Sholat Ied di Alun-Alun engku Putri Batam Centre, yang dimulai tepat pukul 07.00 WIB.

Rakaat pertama, isentitas hujan mulai tinggi, jemaah tetap khuyuk menjalankan salat sunnah tersebut. Satu lapangan, baju jemaah mulai basah diguyur hujan. Jemaah tetap bertahan hingga salam sebagai penutup rakaat terkahir.

Usai salat, beberapa jemaah langsung mengambil posisi ke tempat teduh. Sebagian menuju Kantor Wali Kota Batam, sebagian lagi ke Museum Batam Raja Ali Haji.

Namun, ada beberapa jemaah lainnya tetap bertahan di bawah guyuran hujan untuk mendengarkan khotbah yang disampaikan KH Lukman Rifa’i. Dari barisan jemaah itu, terlihat Wali Kota Batam, Haji Muhammad Rudi.

Silaturahim Walikota Batam

Ribuan warga silih berganti bersilaturahmi dengan Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, dan Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina di momen Hari Raya Idulfitri.

Silaturahmi itu dipusatkan dikediaman Wali Kota dan Wakil Gubernur Kepri di perumahan Rosedale, Batamcentre, Rabu (10/4/2024). Acara silaturahmi & rumah terbuka itu akan digelar selama dua hari hingga Kamis (11/4/2024).

BACA JUGA:   Perang Sarung di Bengkong, Dua Remaja Diamankan Polisi

“Kami sekeluarga mengundang masyarakat bersilaturahmi merayakan Idulfitri pada 1-2 Syawal 1445 Hijriah,” kata Rudi.

Di kesempatan itu, Wali Kota mengajak semua masyarakat menyambut perayaan Idulfitri 1445 H dengan hati lapang atau senang.

“Idulfitri menjadi momen saling bersilaturahmi dan saling memaafkan. Mari merayakan dengan hati bahagia yang lapang,” ujar Rudi.

Silaturahim Sekda Batam

Usai melaksanakan Shalat Idul Fitri 1445 H di Masjid Baiturrahman Sekupang, Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. bersama istri Hj. Hariyanti dan keluarga menggelar open house di Kediaman Sekda Kota Batam, di Jalan Sanur Tiban I Blok D/IV No.138 Kecamatan Sekupang.

Sebelumnya, Jefridin beserta keluarga terlebih dahulu menyambangi kediaman Wali Kota Batam, Muhammad Rudi di Perumahan Rosedale untuk bersilaturrahmi. Wali Kota Batam, pada 1 Syawal dan 2 Syawal melaksanakan open house.

“Atas nama Pribadi dan keluarga, Saya mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah. Alhamdulillah, mengawali perayaan hari Raya Idul Fitri hari ini, melaksanakan Salat Ied, bersilahturahmi ke kediaman orang tua dan ke kediaman Wali Kota Batam, H. Muhammad Rudi,” ujarnya, Rabu (10/04/2024).

BACA JUGA:   IKSB Batam Siap Gelar Rumah Gadang International Expo 2023 Diikuti 4 Negara

Suasana open house ramai didatangi oleh berbagai kalangan dan sanak saudara. Para Kepala Perangkat Daerah (PD), masyarakat umum serta tokoh masyarakat.

Masuk Kerja Kembali

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, mengajak seluruh pegawai di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Batam kompak demi memajukan daerah.

Hal itu disampaikan Rudi saat Apel Gabungan Sekaligus Halal Bihalal ASN & THL bersama Wali Kota Batam di Dataran Engku Putri, Batam Center, Selasa (16/4/2024).

“Jagalah kekompakan demi memajukan daerah. Di momen Hari Raya Idulfitri ini, saya atas nama wali kota, pribadi dan keluarga mohon maaf lahir dan batin,” ucap Rudi.

Di kesempatan itu, Wali Kota mengingatkan seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mengecek kembali pegawai usai cuti bersama Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah.

“Yang belum kembali segera dihubungi untuk masuk ke kantor,” pesan Rudi.

Ia berharap, usai cuti bersama, kinerja pegawai makin meningkat dan terus bekerja keras demi Kota Batam yang makin modern.

“Saya titip seluruh proses harus terorganisasi, saat ini dari hari ke hari sudah berjalan dengan baik. Dari waktu ke waktu, Pemko Batam memberikan contoh terbaik,” katanya.(advertorial)