Pemkot Jambi pastikan 3.944 ekor hewan kurban tersedia

BATAMCLICK.COM : Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi memastikan kebutuhan hewan kurban sebanyak 3.944 ekor untuk wilayah setempat sudah tersedia.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Jambi Boy Evridal Asri di Jambi, Ahad, mengatakan Kota Jambi sempat kekurangan stok hewan kurban, namun pemerintah dan pedagang berkoordinasi untuk memenuhi ketersediaan hewan kurban.

Kebutuhan hewan kurban kurban Kota Jambi mencapai 3.944 ekor. Berdasarkan laporan, pada 9 Juni 2024 jumlah hewan kurban baru mencapai 3.700 ekor.

Untuk memenuhi kebutuhan di Kota Jambi, para pedagang ternak membeli dari luar daerah seperti Lampung, Sumsel , dan dari Kabupaten kota dalam Provinsi Jambi.

BACA JUGA:   BI dan TNI AL Distribusi Rupiah Terbaru ke Daerah 3T di Kepri

“Kemarin ada kekurangan sekitar 200 ekor, lalu sejak dua hari lalu saat Penjabat Wali Kota Jambi sidak ketersediaan kami mendapat laporan stok mencapai 3.800 ekor lebih,” katanya.

Saat itu, kata dia, ratusan ekor hewan kurban tengah dalam perjalanan menuju Kota Jambi. Dia menjamin hingga saat ini, persediaan hewan kurban sudah terpenuhi.

“Apalagi saat ini sudah didistribusikan oleh pedagang ke masyarakat, berdasarkan laporan stok terpenuhi,” katanya.

Terkait kesehatan hewan kurban, ia mengatakan bahwa pemeriksaan hewan sudah dilakukan.

Dari hasil pemeriksaan, tidak ditemukan adanya hewan kurban dengan diagnosa penyakit mulut dan kuku (PMK).

BACA JUGA:   History atau His Story? (Kolom Buralimar)

Pihaknya juga mengimbau masyarakat untuk membeli hewan kurban yang telah mengantongi sertifikat pemeriksaan sebagai jaminan kesehatan hewan.

Untuk proses pemeriksaan hewan kurban di Kota Jambi, pemkot telah mengerahkan 40 tim kesehatan. Pemeriksaan sudah mulai dilakukan sejak 10 Juni 2024.*

Sumber : Antara