Standard Chartered Indonesia resmi tunjuk Cluster CEO baru

BATAMCLICK.COM : Standard Chartered menunjuk Rino “Donny” Donosepoetro sebagai Cluster CEO Indonesia and ASEAN Markets (Australia, Brunei and the Philippines) menggantikan Andrew Chia yang kini menjabat sebagai Head of Wealth and Retail Banking (WRB) untuk Singapura, ASEAN, dan Asia Selatan.

“Donny adalah seorang bankir Indonesia senior yang telah berkarier di Standard Chartered selama lebih dari 25 tahun,” kata Head of Corporate Affairs, Brand & Marketing (CABM) Indonesia & ASEAN Markets (Australia, Brunei and the Philippines) Standard Chartered Diana Mudadalam dalam kegiatan “Media Roundtable Bersama Standard Chartered Indonesia” di Hotel Mulia, Jakarta, Kamis.

BACA JUGA:   Dandim 0718/Pati Perehapan RTLH Akan Selesai Tepat Waktu

Pada mulanya, Donny memulai karir profesional di Standard Chartered Indonesia sebagai Graduate Management Trainee. Kemudian, dia berkesempatan bergabung dengan Group CEO office Standard Chartered di London, Inggris, dan selanjutnya meniti karir di tujuh negara dimana Standard Chartered beroperasi. Negara-negara ini mencakup United Arab Emirates (UAE), Chile, Singapura, Falkland Island, dan Brunei Darussalam.

Sejumlah posisi eksekutif yang pernah dijabat olehnya antara lain CEO Standard Chartered di Kepulauan Falkland pada periode 2007-2010 dan Brunei Darussalam pada tahun 2014-2016.

Donny merupakan orang Indonesia pertama yang dipercayakan sebagai CEO di Standard Chartered Indonesia pada tahun 2016-2019, lalu diangkat sebagai Vice Chairman ASEAN dan secara paralel berperan sebagai Presiden Komisaris untuk Indonesia selama periode 2019-2023.

BACA JUGA:   Real Madrid Vs Liverpool: El Real Sudah Melupakan Final 2018

Penunjukan Donny untuk mengawasi sejumlah negara penting untuk Standard Chartered yang mencakup Indonesia, Australia, Brunei dan Filipina dinilai menjadi bukti kepemimpinannya dan komitmen bank mengembangkan talenta serta keahlian lokal.

“Hal ini juga sekaligus menggambarkan potensi dan pentingnya Indonesia yang ditetapkan Standard Chartered sebagai hub atas tiga wilayah lainnya yakni Australia, Brunei dan Filipina. Pengetahuan Donny yang luas mengenai kawasan ini, ditambah dengan pengalaman internasionalnya yang mendalam, menempatkannya untuk memimpin klaster ini dengan baik,” ungkap Diana.

Kini, Donny juga menjabat sebagai Chairman dari Indonesia British Chamber of Commerce (Britcham) yang mencerminkan hubungan kuat dengan komunitas bisnis. Dirinya merupakan warga negara Indonesia pertama yang memegang posisi ini dalam 44 tahun sejarah BritCham Indonesia.

BACA JUGA:   Viral Baliho Aktor Korea Berjajar dengan Baliho Politikus: Aku Sih Pilih Han Ji Pyeong

Donny turut berperan sebagai salah satu board member dari United Kingdom-ASEAN Business Council dan juga Southeast Asia Advisory Committee for the British International Investment.

Sumber : Antara