PT Puri Global Sukses Tbk: Kinerja Memukau di 2023 dengan Proyeksi Optimis untuk 2024

Batamclick.com, Batam – PT Puri Global Sukses (PGS) Tbk, developer terkemuka, baru-baru ini mengungkapkan hasil kinerja operasional yang mengesankan sepanjang tahun 2023 dalam sebuah Public Expose. Wiwi Herwiwati, Corporate Secretary PT PGS Tbk, memaparkan keberhasilan perusahaan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPS-T) dan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB), dimana pemegang saham memberikan persetujuan bulat atas laporan keuangan dan pengawasan.

Pada tahun buku 2023, PT PGS Tbk mencatatkan Laba Bersih sebesar Rp1.053 triliun, dengan alokasi Rp100 juta untuk saldo laba yang ditentukan penggunaannya, sementara sisanya akan disimpan sebagai saldo laba yang belum ditentukan penggunaannya. RUPS-T juga menyetujui penunjukan Auditor Independen untuk mengaudit laporan keuangan tahun buku 2024, serta penetapan gaji dan tunjangan untuk direksi dan Dewan Komisaris.

Perusahaan, yang memiliki struktur pemegang saham mayoritas oleh PT Bumi Kreasi Baru dan jajaran direksi serta komisaris, tidak mengalami perubahan pengurus pada tahun 2023. Eko Saputro Wijaya dan Wagiman tetap memimpin sebagai Presiden Direktur dan Komisaris Utama.

BACA JUGA:   Kapolda Kepri Hadiri Pelatihan Peningkatan Kemampuan PPNS Se-provinsi Kepri Tahun 2021

Dalam hal operasional, PT PGS Tbk mencatat penjualan yang kuat dengan 474 unit rumah di Batam Center terjual dan 426 unit telah diserahkan kepada pembeli. Proyek-proyek seperti Monde Signature, De Diamond Residence, dan Monde Bay Residence menunjukkan performa penjualan yang solid. Apartemen Permata Residen di Baloi juga mencapai penjualan 202 unit dari total 292 unit yang tersedia.

Proyek apartemen Monde City di Bengkong, yang terdiri dari 4 tower dengan 1.248 unit, telah mencapai penjualan 931 unit dengan progres pembangunan mencapai 32.22%. Sementara itu, 690 unit rumah di Bengkong, termasuk Monde Raffle dan Morington, telah terjual sebanyak 398 unit.

BACA JUGA:   Survei Capres Indopol: Ganjar Teratas, Prabowo-Anies Menyusul

Secara finansial, PT PGS Tbk menunjukkan peningkatan signifikan dibandingkan tahun 2022, dengan aset naik 8.88%, uang naik 13.67%, pendapatan melonjak 103.74%, dan laba bersih meningkat 29.48%. Kendala dalam mendapatkan lahan baru yang strategis menjadi tantangan utama, namun perusahaan tetap optimis dengan strategi yang telah terbukti efektif.

Untuk tahun 2024, PT PGS Tbk menargetkan pendapatan sebesar Rp97.47 miliar, naik 48.56% dari tahun sebelumnya, dengan harapan peningkatan pendapatan dari penjualan unit rumah, ruko, dan apartemen yang tersisa.***

Penulis: ElinEditor: Abim