Menteri Perdagangan: Harga komoditi pangan di Bengkulu stabil

BATAMCLICK.COM : Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan dalam kunjungan kerjanya ke Bengkulu mengatakan harga sejumlah komoditi pangan di wilayah Kota Bengkulu stabil menjelang perayaan Idul Adha 1445 Hijriah.

“Secara umum harga di Bengkulu khususnya Pasar Jangkar termasuk murah. Jelang Idul Adha mudah-mudahan komoditi pangan tersedia dan harga stabil,” ujar dia di Bengkulu, Jumat.

Dalam inspeksi mendadak (Sidak) di Pasar Jangkar Mas, Kecamatan Kampung Melayu, Kota Bengkulu, diketahui harga komoditi pangan seperti daging ayam tetap Rp35 ribu per kilogram, bawang merah dan bawang putih Rp40 ribu per kilogram.

BACA JUGA:   Kemlu: Kesadaran Masyarakat Kunci Cegah Penipuan Kerja Di Luar Negeri

Namun, harga cabai mengalami kenaikan dari Rp66 ribu menjadi Rp75 ribu per kilogram.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Bengkulu juga memastikan bahwa harga komoditi pangan di berbagai pasar tetap stabil menjelang Idul Adha.

Kepala Bidang Pengembangan Perdagangan Disperdag Kota Bengkulu, Erika Arisanti, mengatakan, “Menjelang hari raya Idul Adha di Kota Bengkulu mudah-mudahan aman. Kenaikan harga tidak terjadi dan penurunan juga tidak terjadi.”

Sementara itu, Erika menjelaskan bahwa perbedaan harga di tiga pasar utama yaitu Pasar Panorama, Pasar Tradisional Modern (PTM), dan Pasar Jangkar, disebabkan oleh perbedaan biaya angkut.

BACA JUGA:   Antisipasi Lonjakan Kasus, Lokasi Tes Covid-19 Diperbanyak

“Untuk harga bahan pokok belum ada penurunan signifikan. Artinya, masih di angka terakhir yang sempat naik sedikit, namun itu masih dalam skala wajar,” katanya.

Mendekati Idul Adha, kemungkinan kenaikan harga bisa terjadi, terutama dengan kondisi cuaca yang tidak menentu yang mempengaruhi hasil panen petani.

“Mendekati Idul Adha, kemungkinan terjadi kenaikan harga ditambah lagi dengan kondisi cuaca yang tidak menentu,” kata Erika.

Sumber : Antara