Infomedia Catat Pertumbuhan Laba Bersih 30% Tahun 2023: Teknologi 3A Mendukung Kesuksesan

BATAMCLICK.COM: Anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, PT Infomedia Nusantara (Infomedia), berhasil membukukan laba bersih sebesar 217% atau tumbuh 30% di sepanjang tahun 2023. Selain itu, pendapatan perusahaan juga tercapai sebesar 122%, dan EBITDA mencapai 109% dari target perusahaan pada tahun yang sama.

Pencapaian ini didorong oleh pertumbuhan bisnis Infomedia melalui strategi digital customer relationship management (CRM) dan digital shared service operation (SSO). Direktur Utama Infomedia, Eddy Sofryano, menyatakan bahwa Infomedia secara aktif merespon kebutuhan pasar dengan meningkatkan kapabilitas Automatic, AI, dan Analytics (3A). Hal ini memungkinkan Infomedia membangun portofolio digital Business Process Outsourcing (BPO) yang semakin mumpuni di pasar.

Dalam pengelolaan proses bisnis, Infomedia menggunakan teknologi 3A. Penguatan kapabilitas 3A terimplementasi dalam pengelolaan saluran pelanggan melalui AI Contact Center dan pengelolaan dokumen. Di sisi lain, pada portofolio SSO, penggunaan 3A telah terimplementasi melalui otomatisasi proses bisnis, termasuk pengelolaan invoice to pay, dokumen billing & collection, serta rekrutmen dan pengelolaan SDM perusahaan.

BACA JUGA:   Mobil Tabrak Lari Diamuk Massa, 8 Orang Jadi Korban

Meskipun masih dalam tahap awal implementasi, Infomedia telah merasakan manfaat percepatan proses dan peningkatan keakuratan. Dalam proses CRM, AI Contact Center memberikan respon yang lebih cepat pada perusahaan pelayanan publik. Interaksi yang dikelola oleh agen dapat dibatasi hanya pada situasi yang memerlukan eskalasi khusus, sementara interaksi standar dengan pertanyaan terstruktur dapat direspon oleh robot dengan cepat. Akibatnya, produktivitas agen meningkat seiring dengan kualitas interaksi yang semakin baik.

Dengan penerapan teknologi 3A, Infomedia dapat meningkatkan efisiensi dan memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan. Diharapkan tren teknologi seperti AI, Automation, dan Analytics akan terus mendukung kesuksesan Infomedia di sektor CRM dan SSO.

Penulis: DaraEditor: Abim