NasDem tetapkan tujuh calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTB

BATAMCLICK.COM : Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menetapkan tujuh nama bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTB untuk diajukan ke DPP Partai NasDem di Jakarta.

Ketua DPW Partai NasDem NTB, Rumaksi, di Kota Mataram, Selasa, mengatakan tujuh nama bakal calon gubernur dan wakil gubernur yang diajukan ke DPP ini diputuskan dalam rapat pleno DPW Partai NasDem tentang Penetapan Usulan Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTB yang diusung Partai NasDem pada Pilkada 2024.

“Nama-nama yang dikirim ini, nama yang diterima saat pendaftaran dan hasil keputusan rapat pleno di DPW,” ujarnya usai memimpin rapat pleno DPW Partai NasDem NTB.

Ia menyebutkan dari tujuh nama bakal calon gubernur dan wakil gubernur tersebut, enam sebagai bakal calon gubernur di antaranya Gubernur NTB periode 2018-2023 Zulkieflimansyah, mantan Bupati Lombok Timur dua periode Sukiman Azmy, Penjabat Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi.

BACA JUGA:   Pep Guardiola Di Kritik Soal Aguero

Selanjutnya ada Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) sekaligus mantan Dubes Indonesia untuk Turki Lalu Muhamad Iqbal, mantan Bupati Lombok Tengah dua periode Suhaili FT, dan Bupati Lombok Tengah saat ini Lalu Pathul Bahri. Sedangkan untuk calon Wakil Gubernur adalah Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lombok Timur, Asrul Sani.

“Nama-nama bakal calon ini akan dikirim ke Jakarta. Namun apa hasilnya yang akan menetapkan adalah DPP,” terang Rumaksi didampingi Ketua Bapilu DPW Partai NasDem NTB, Ardani Zulfikar.

Rumaksi menjelaskan setelah ketujuh nama ini dikirim ke Jakarta, tahapan selanjutnya para bakal calon ini akan di undang oleh DPP ke Jakarta, untuk melakukan wawancara atau “fit and proper test”.

BACA JUGA:   Reses di Kampung Tua Dapur 12 Sagulung, Anggota DPR RI Cen Sui Lan Serahkan Kerambah Jaring Apung Pada Kelompok Nelayan

“Untuk kapan waktu “fit and proper test” ini akan menyusul suratnya. Semula itu dijadwalkan tanggal 15 Mei ini, tapi karena padat seluruh Indonesia maka akan di jadwal ulang masing-masing provinsi,” katanya.

Ia menambahkan, setelah melakukan “fit and proper test” akan dilanjutkan dengan melihat hasil survei dari hasil lembaga survei yang telah ditunjuk oleh DPP. Baru setelah ada hasil survei akan di tetapkan siapa bakal calon gubernur dan wakil gubernur yang akan diusung oleh DPP Partai NasDem untuk Pilkada NTB.

“Nanti lembaga survei yang telah ditunjuk DPP itu yang akan digunakan oleh masing-masing kandidat. Baru setelah itu ada ketentuan mana yang direkomendasikan oleh DPP,” tegas mantan Wakil Bupati Lombok Timur ini.

BACA JUGA:   Peluang Verstappen Salip Hamilton di Klasemen

Selain menetapkan tujuh nama untuk bakal calon gubernur dan wakil gubernur. Pihaknya juga telah menetapkan nama-nama bakal calon bupati, wakil bupati dan bakal calon wali kota, wakil wali kota di 10 kabupaten dan kota di NTB.

Mulai dari Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat, Lombok Utara, Kabupaten Lombok Tengah, Kabupaten Lombok Timur. Kemudian Kabupaten Sumbawa Barat, Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Dompu, Kabupaten Bima, dan Kota Bima.

“Jadi mayoritas yang diusulkan ini non kader. Yang kader itu hanya tiga daerah saja yakni Lombok Timur, Sumbawa Barat dan Dompu. Selebihnya itu di luar kader partai yang diajukan ke DPP,” katanya.

Sumber : Antara