NeutraDC Nxera Batam Memulai Pembangunan Pusat Data AI Berkelanjutan

BATAMCLICK.COM: NeutraDC Nxera Batam, anak perusahaan TelkomGroup, telah memulai pembangunan pusat data berbasis Artificial Intelligence (AI) yang berlokasi di Kawasan Industri Terpadu Kabil, Kota Batam. Upacara pemancangan tiang pertama pada Kamis, 13 Juni 2024, menandai langkah awal dalam proyek ambisius ini yang bertujuan untuk mendukung transformasi digital di Indonesia dan memanfaatkan energi terbarukan.

Direktur Group Business Development Telkom, Honesti Basyir, mengungkapkan bahwa pembangunan pusat data ini merupakan momen kunci dalam strategi TelkomGroup untuk mempercepat inovasi teknologi di Indonesia, khususnya dalam bidang AI. “Kami bangga dengan kemajuan ini. NeutraDC Nxera Batam akan menjadi motor penggerak inovasi teknologi di Indonesia,” kata Basyir.

Direktur Wholesale & International Service Telkom, Bogi Witjaksono, menambahkan bahwa pusat data ini akan membuka peluang baru bagi industri di Indonesia untuk memanfaatkan teknologi canggih. “Kami yakin bahwa NeutraDC Nxera Batam akan menjadi pusat data terdepan yang menyediakan layanan berkualitas tinggi bagi klien kami di dalam dan luar negeri,” ujar Witjaksono.

BACA JUGA:   Imigrasi Batam Tunda Keberangkatan 2.780 PMI Non Prosedural

Budi Setyawan Wijaya, Direktur Strategic Portfolio Telkom Group, juga menyatakan keyakinannya bahwa NeutraDC Nxera Batam akan memenuhi kebutuhan saat ini dan siap menghadapi tantangan masa depan. “Investasi ini menunjukkan komitmen kami untuk mendorong transformasi digital yang berkelanjutan dan inovatif,” ungkap Wijaya.

Bill Chang, Direktur Nxera, menekankan pentingnya kemitraan dengan NeutraDC Batam dalam mendorong batasan teknologi dan menyediakan solusi data center yang optimal. “Kami ingin menjadi bagian dari transformasi digital ini dan berkontribusi pada ekosistem data center yang inovatif dan berkelanjutan,” kata Chang.

BACA JUGA:   Viral Pesan Tukang Gali Kubur untuk Maling Uang Rakyat, Ingatkan Soal Kematian

Imron Gazali, Director & Chief Operating Officer PT Medco Power Indonesia, menyampaikan kebanggaannya menjadi bagian dari akselerasi teknologi informasi bersama NeutraDC Nxera Batam. “Kami mendukung pemenuhan pasokan listrik yang berasal dari energi terbarukan, sejalan dengan program transisi energi pemerintah dan MedcoEnergi Group untuk mencapai Net Zero Emission pada tahun 2060,” ujar Gazali.

Dalam rangka pembangunan pusat data ini, NeutraDC Nxera Batam telah menandatangani beberapa Memorandum of Understanding (MoU) yang berkaitan dengan pengembangan talenta digital dan pengelolaan sumber daya alam. Kerja sama dengan Politeknik Negeri Batam akan mencetak talenta digital yang siap berkarya di industri data center, sementara kerja sama dengan PT Kabil Indonusa Estate akan memastikan penyediaan dan pemeliharaan air bersih untuk area pembangunan.

BACA JUGA:   Program RTLH Satgas TMMD Pasang Usuk Reng

Indrama YM Purba, CEO NeutraDC Nxera Batam, mengatakan bahwa kerja sama ini adalah langkah strategis untuk mendukung pertumbuhan ekonomi digital di Batam. “MoU ini memastikan bahwa pembangunan dan operasional data center kami tidak hanya efisien dan modern, tetapi juga berkelanjutan, ramah lingkungan, dan mampu menciptakan ekosistem di dunia digital,” tutup Purba.

NeutraDC Nxera Batam siap memenuhi permintaan pasar pusat data untuk era AI dengan infrastruktur yang dirancang mendukung beban kerja AI yang berat dengan efisiensi tinggi. Kehadiran bangunan NeutraDC Nxera Batam menambah lokasi hyperscale data center milik NeutraDC yang saat ini juga berada di Cikarang dan Singapura, dengan klasifikasi Tier III dan IV.

Penulis: DaraEditor: Abim