Bulog Sumut perkuat koordinasi agar distribusi bansos tepat waktu

BATAMCLICK.COM : Perum Bulog Kanwil Sumatera Utara memperkuat koordinasi, khususnya dengan pihak pendistribusi yaitu PT Pos Regional I Sumatera, agar penyaluran bantuan sosial (bansos) beras tahap kedua tahun 2024 yakni periode April-Juni rampung tepat waktu.

“Kami dan pihak PT Pos rapat koordinasi setiap minggu. Kami menargetkan pada akhir Juni pembagian beras bantuan tahap kedua 2024 sudah selesai,” ujar Pemimpin Wilayah Perum Bulog Kanwil Sumatera Utara Arif Mandu di Medan, Rabu.

Arif melanjutkan, hingga Rabu (12/6) sore pukul 17.00 WIB, saat ini pihaknya dan PT Pos sudah menuntaskan 100 persen pembagian bantuan beras untuk bulan April 2024 dengan total 9.342,56 ton beras.

BACA JUGA:   Layak Duduk di DPR RI, Kinerja Cen Sui Lan Banyak Dipuji

Pada minggu ini, dia menegaskan, akan diselesaikan pemberian beras bantuan untuk bulan Mei 2024. Saat ini, pendistribusian bantuan beras untuk bulan Mei sudah 93,37 persen atau 8.722,89 ton.

“Pendistribusian bulan Mei sudah hampir selesai. Minggu depan kami fokus untuk kuota bulan Juni,” kata Arif.

Bulog Sumut, dia memaparkan, sejatinya telah menyiapkan beras bantuan bulan Juni di gudang-gudang yang mereka punya dan masing-masing sudah dibagi ke dalam karung 10 kilogram.

Artinya, PT Pos tinggal mendistribusikan saja beras-beras itu ke keluarga penerima manfaat (KPM).

BACA JUGA:   Terobos Sarang Buaya, Tim SAR Akhirnya Temukan Jenazah Penjaga Pintu Air yang Hilang

Sejauh ini, Arif menyebut pihaknya belum menemukan kendala terkait penyaluran beras bantuan tersebut.

Adapun pada tahap pertama Januari-Maret 2024, Perum Bulog dibantu PT Pos Regional I Sumatera menyalurkan sebanyak 28.027,68 ton bantuan beras kepada 934.256 keluarga penerima manfaat (KPM) di Sumatra Utara.

Setiap KPM mendapatkan 10 kilogram beras setiap bulan.

Untuk tahap kedua April-Juni 2024, jumlah KPM dan beras yang dibagikan sama persis dengan tahap pertama.

Terkait bantuan beras, pada awal Juni 2024, Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo menyetujui perpanjangan program tersebut tepatnya pada bulan Agustus, Oktober dan Desember 2024.

BACA JUGA:   Mourinho Kritik Bruno Fernandes yang 'Tak Kelihatan' di Euro 2020

Sumber : Antara