Polisi Penajam patroli dialogis jaga keamanan dekat dengan masyarakat

BATAMCLICK.COM : Kepolisian Resor (Polres) Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, melakukan patroli dialogis untuk menjaga keamanan wilayah sekaligus mendekatkan diri dengan masyarakat di daerah yang dikenal dengan julukan Benuo Taka itu.

“Kami rutin lakukan patroli dialogis datang ke sejumlah tempat strategis dan pemukiman,” ujar Kepala Polres (Kapolres) Penajam Paser Utara Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Supriyanto di Penajam, Minggu.

“Melalui patroli dialogis, kami ingin ciptakan kedekatan yang lebih erat antara kepolisian dan masyarakat,” tambahnya.

Kegiatan patroli dialogis itu menjadi kesempatan bagi masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara untuk lebih mudah berinteraksi dan berkomunikasi langsung dengan jajaran Polres.

BACA JUGA:   TNI Bersama Warga Tamansari Bekerja Dengan Maksimal di RTLH

Kemudian juga personel kepolisian mendengarkan beragam masukan serta harapan masyarakat terhadap situasi keamanan dan ketertiban di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara.

“Saat lakukan patroli personel Polres berbincang-bincang dengan warga dan menggali permasalahan lingkungan, serta pahami kebutuhan dan kekhawatiran masyarakat,” jelasnya.

Personel Polres sekaligus memberikan imbauan menyangkut menjaga keamanan dan.ketertiban sangat penting, menurut dia lagi, serta memberikan edukasi mengenai tindakan preventif yang dapat dilakukan untuk mencegah tindak kejahatan.

Patroli dialogis menjadi salah satu strategi efektif dalam menciptakan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat, ia menimpali lagi, serta memberikan solusi yang sesuai untuk mengantisipasi permasalahan di lingkungan masyarakat.

BACA JUGA:   Jaga Atensi HMR, Jefridin Perkuat Forum Kerukunan Umat Beragama dengan Kolaborasi

Polres Penajam Paser Utara komitmen terus melaksanakan patroli dialogis secara berkala guna menjaga ketertiban dan keamanan di seluruh wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara.

“Dengan kerja sama antara masyarakat dan kepolisian keamanan kabupaten selalu terjaga, sehingga nyaman dan aman untuk ditinggali dan dikunjungi,” katanya.

Patroli dialogis tidak hanya sebagai upaya menjaga keamanan saja, tetapi juga sebagai langkah nyata kepolisian untuk hadir lebih dekat dan responsif terhadap kebutuhan serta aspirasi masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara, demikian Supriyanto.

Sumber : Antara