Penyaluran Dana Desa di Mukomuko tuntas 100 persen

BATAMCLICK.COM: Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu mengatakan penyaluran Dana Desa (DD) tahap satu untuk sebanyak 148 desa di daerah ini sudah selesai 100 persen.

“Penyaluran DD tahap I sudah 100 persen, kini tahap II, baru 13 desa yang sudah mengajukan DD tahap II,” kata Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko Wagimin, di Mukomuko, Minggu.

Sebanyak 148 desa di wilayah tersebut tahun ini menerima Dana Desa sebesar Rp118 miliar dari pemerintah pusat melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), mengalami kenaikan Rp1 miliar dibandingkan tahun sebelumnya.

BACA JUGA:   Tingkatkan Performa Rumah Sakit, BP Batam Gelar Workshop Hospital by Laws

Ia mengatakan, tahun ini sebanyak 148 desa yang tersebar di 15 kecamatan daerah ini menerima penyaluran dana desa sebanyak dua tahap sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 146 Tahun 2024.

Dari sebanyak 148 desa di daerah ini, katanya, delapan desa berstatus mandiri di menerima penyaluran Dana Desa tahap pertama 60 persen tahap dua 40 persen dan 140 desa berstatus maju, berkembang, dan tertinggal menerima tahap I 40 persen dan tahap II 60 persen.

Sedangkan penyaluran Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2024, katanya lagi, masih tetap tiga tahap, yakni tahap I sebesar 40 persen, tahap II 40 persen, dan tahap III sebesar 20 persen.

BACA JUGA:   Marcus Rashford Jadi Rebutan Nike dan Puma

Pemerintah daerah menyiapkan ADD tahun 2024 tetap sama dengan tahun sebelumnya, yaitu sebesar Rp65 miliar, dengan rincian 74 persen dari dana tersebut akan dibagi rata ke 148 desa, sedangkan 1 persen dialokasikan sebagai hadiah untuk desa-desa yang menunjukkan kemandirian finansial.

“Dari ADD sebesar Rp65 miliar, sebesar 74 persen di antaranya dibagi rata ke 148 desa, satu persen rencana kita gunakan untuk hadiah bagi desa yang menunjukkan kemandiriannya memasukkan pendapatan asli desa ke anggaran pendapatan belanja desa,” ujarnya.

Selanjutnya, katanya pula, instansinya masih menunggu sebanyak 148 desa di daerah ini mengajukan Dana Desa termasuk ADD tahap dua. Desa masih melengkapi berkas persyaratan untuk mengajukan Dana Desa dan ADD tahap II.

BACA JUGA:   Panasnya Terik Mentari tidak Mematahkan Semangat Untuk Merenofasi Atap Masjid

Dari sebanyak 148 desa di daerah ini, sebanyak 13 desa yang sudah mengajukan dan berkas pengajuannya sudah diverifikasi dan diserahkan ke Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Mukomuko.

Sumber : Antara