Bandara Soetta sediakan 12 fast track untuk keberangkatan haji 2024

BATAMCLICK.COM : PT Angkasa Pura II (Persero) selaku pengelola utama Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten menyediakan 12 konter jalur cepat (fast track) untuk mendukung kelancaran perjalanan musim haji 1445 Hijriah/2024 Masehi.

Dari belasan konter pemeriksaan dokumen jamaah calon haji tersebut, seluruhnya berada di Terminal 2D Bandara Soetta yang bekerja sama dengan Keimigrasian Arab Saudi.

Senior Manager of Branch Communication & Legal Bandara Soekarno-Hatta, M Holik Muardi, di Tangerang, Minggu, mengatakan bahwa penyediaan konter-konter pemeriksaan haji itu sebagai upaya memudahkan proses perjalanan bagi jamaah calon haji asal Indonesia.

BACA JUGA:   Terungkap, Ini Penyebab Komedian Sapri Dirawat di ICU

“Jalur cepat haji itu dinamakan ‘Makah Road’ dan telah disiapkan di Terminal 2D. Melalui ‘Makah Road’, para jamaah calon haji dapat melakukan pendaftaran dan verifikasi dokumen secara terpusat,” ujarnya.

Ia juga mengungkapkan, berbagai sarana lainnya juga telah ditambahkan oleh pihaknya seperti kursi pada ruang tunggu, penyediaan tempat ibadah (mushala), hingga penambahan toilet portabel.

Selain itu, sebanyak 3.296 personel telah dikerahkan untuk mendukung kelancaran operasional selama keberangkatan dan kepulangan.

“Bandara Soekarno-Hatta terus berkoordinasi dengan Kementerian Agama, otoritas terkait dan maskapai penerbangan. Lalu pihak berwenang lainnya untuk memastikan kelancaran dan keselamatan perjalanan haji,” katanya lagi.

BACA JUGA:   PWI Kepri Bergerak: Tanam 50 Ribu Bibit Mangrove Jelang HPN

Melalui koordinasi yang intensif, Holik berharap dan memastikan setiap aspek perjalanan haji, mulai dari pendaftaran hingga kedatangan berjalan dengan lancar dan efisien. “Kerja sama ini merupakan bentuk komitmen kami sebagai pengelola bandara untuk menyediakan pelayanan terbaik bagi para jemaah haji,” ujarnya.

Pada 2024, Bandara Soekarno-Hatta menjadi titik keberangkatan untuk 128 kloter dari Jakarta, Banten, Lampung, dan Jabar di embarkasi Asrama Haji Pondok Gede dan Bekas. Total 53.621 jamaah calon haji dengan jadwal keberangkatan pada 12 Mei-10 Juni 2024 dan kepulangan 22 Juni-22 Juli 2024.

BACA JUGA:   Pembangunan RTLH Milik Suyat Terus di Kebut Satgas TMMD

Sumber : Antara