Pemkab Bangka pastikan aman stok sapi kurban

BATAMCLICK.COM : Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui dinas terkait memastikan aman stok sapi kurban untuk kebutuhan masyarakat pada lebaran Idul Adha 1445 Hijriah.

Kepastian stok aman dikatakan Koordinator Kesehatan Hewan dan Persiapan Stok Hewan Kurban Idul Adha 1445 H Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Bangka, Wira Juliono di Sungailiat, Selasa.

Bahkan kata dia, ada kemungkinan sapi kurban yang ada sekarang sebanyak 1.208 ekor akan melebihi dari jumlah kebutuhan masyarakat yang akan berkurban, terdata sementara 1.144 ekor sapi.

“Jumlah itu berdasarkan estimasi target tahun 2023 dengan kenaikan sebanyak lima persen,” jelas dia.

BACA JUGA:   Realisasi Investasi Meningkat, Muhammad Rudi Optimistis Pertumbuhan Ekonomi Batam Tumbuh Signifikan

Hanya saja kata dia, untuk ketersediaan kambing saat sekarang masih mengalami kekurangan dibanding dengan jumlah kebutuhan masyarakat.

“Jumlah kambing yang tersedia terdata 1.210 ekor sedangkan kebutuhan masyarakat untuk berkurban sebanyak 1.832 ekor kambing,” katanya.

Meskipun jumlah kambing yang tersedia saat ini masih kurang dibanding dengan kebutuhan masyarakat, namun dia optimis kebutuhan kambing akan tercukupi saat lebaran Idul Adha.

“Terhitung dalam beberapa hari ini, masih akan masuk kambing dari luar pulau Bangka ke Kabupaten Bangka untuk memenuhi permintaan masyarakat,” jelas dia.

BACA JUGA:   151 Rumah Tahan Gempa Dibangun Kementerian PUPR untuk Warga Cianjur (Tahap 2)

Ia mengatakan hewan kurban baik sapi maupun kambing didatangkan dari Lampung, Palembang dan Madura. Semua hewan yang masuk sudah terlebih dahulu menjalani pemeriksaan kesehatan oleh balai karantina baik di provinsi maupun balai karantina di kabupaten.

“Untuk menjamin keamanan semua hewan kurban yang masuk terlebih dahulu menjalani pemeriksaan kesehatan di balai karantina,” jelasnya.

Sumber : Antara