TNI AL Gelar Seminar Bahas Laut Natuna Utara dan Papua

Batamclick.com, Batam – Komandan Lantamal IV Batam, Laksamana Pertama TNI Tjatur Soniarto, mewakili Asisten Intelijen Danlantamal IV, Kolonel Laut (P) Joko Santosa, menghadiri seminar nasional TNI Angkatan Laut. Seminar ini membahas perspektif historis dalam penyelesaian konflik Laut Natuna Utara dan Papua.

Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal), Laksdya TNI Erwin S. Aldedharma, membuka seminar ini di gedung Balai Samudera, Jl. Boulevard Barat Kelapa Gading Barat, Jakarta Utara, pada Senin (08/07/2024).

Dalam amanatnya, Wakasal menekankan pentingnya memahami sejarah sebagai cermin perjalanan bangsa. Studi sejarah memberikan pemahaman, pandangan, dan pelajaran penting untuk mengatasi permasalahan saat ini. Sejarah juga membantu mengidentifikasi pola dan tren dalam perkembangan situasi.

BACA JUGA:   Warga Batam Antusias Salat Id di Masjid Sultan Mahmud Riayatsyah

Seminar ini menjadi wadah diskusi dan pencarian solusi bersama terkait permasalahan di Laut Natuna Utara dan Papua melalui tinjauan sejarah. Komandan Lantamal IV menegaskan bahwa menjaga keutuhan wilayah Indonesia bukan hanya tanggung jawab militer, tetapi juga memerlukan partisipasi aktif dari seluruh warga negara dalam semangat Bela Negara.

Laut Natuna, yang berbatasan dengan Laut Natuna Utara di utara, barat laut, dan timur, memiliki potensi pariwisata dan perikanan yang melimpah. Pulau-pulau di wilayah ini, seperti Pulau Bawah di Kepulauan Anambas dan Pantai Trikora serta Pantai Lagoi di Pulau Bintan, menarik minat wisatawan. Namun, perairan ini juga menjadi fokus pengawasan untuk mencegah pencurian ikan oleh kapal asing ilegal.***