Pertamina Gelar Kick-Off UMK Academy 2024 untuk Dukung Pengembangan Usaha Mikro dan Kecil

Batamclick.com, Medan – PT Pertamina (Persero) melalui PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) menggelar kick-off Pertamina UMK Academy 2024 secara daring. Sebanyak 290 UMK dari lima provinsi, yaitu Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, dan Kepulauan Riau, mengikuti kegiatan ini.

Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Susanto August Satria, menjelaskan bahwa Pertamina kembali menggelar Pertamina UMK Academy untuk menjaring dan mencetak UMK-UMK yang mampu meningkatkan produktivitas dan naik kelas lebih cepat.

“UMK Academy yang dilakukan Pertamina ini sudah berjalan kurang lebih lima tahun, dimulai dari tahun 2020. Setelah mengikuti kegiatan ini, diharapkan para peserta Pertamina UMK Academy 2024 semakin berkembang dan bisa naik kelas,” ujar Satria saat membuka acara kick-off Pertamina UMK Academy 2024 pada Rabu, (5/6).

BACA JUGA:   Sempat 16 Hari Bertugas di Rumah Sakit, Seorang Dokter Gadungan Ditangkap

Dengan tema “Beri Energi Baru Menuju UMK Maju”, Pertamina melalui Pertamina UMK Academy 2024 berkomitmen mendukung pengembangan UMK yang berkelanjutan. Hal ini sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) poin 8, yakni pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, serta tenaga kerja penuh dan produktif.

Program ini melibatkan para ahli di bidangnya dan terdiri dari kelas go modern, go digital, go online, dan go global. Praktiknya meliputi pelatihan, pendampingan usaha, dan sertifikasi. Setelah mengikuti seluruh tahapan program, UMK dapat memanfaatkan teori dan praktik yang didapatkan untuk menunjang kemajuan usaha. Diharapkan, kualitas, kemampuan, dan kemandirian UMK meningkat sehingga dapat bersaing di pasar lokal maupun global.

BACA JUGA:   Danrem 033 Ikuti Upacara Apel Operasi Ketupat Seligi dan Pemusnahan BB Narkotika di Mapolda Kepri

“Akan ada lebih kurang tujuh pertemuan yang bisa diikuti secara online dan hybrid. Dari 290 UMK yang mengikuti kegiatan ini, nantinya akan dipilih lima UMK terbaik yang menjadi perwakilan Sumbagut dan akan mengikuti skala nasional,” kata Satria.

Salah satu peserta Pertamina UMK Academy 2024, Anita, pemilik usaha makanan dan minuman asal Deli Serdang, menyatakan antusiasmenya untuk mengikuti pelatihan dan pembinaan yang akan dilaksanakan oleh Pertamina. “Saya senang bisa terpilih menjadi peserta Pertamina UMK Academy 2024 karena nantinya kami akan mendapat pelatihan dan pendampingan. Saya berharap usaha saya semakin berkembang dan memberikan dampak positif bagi masyarakat serta ekonomi lokal dan nasional,” jelas Anita.

BACA JUGA:   Anggota TMMD Menerima Dukungan Paket Perlengkapan Kerja

Pertamina UMK Academy akan berlangsung selama lima sampai enam bulan dengan berbagai aktivitas pembinaan dan pelatihan yang dilakukan secara hybrid. Peserta yang terjaring akan menuntaskan program sampai Desember 2024.

Bagi masyarakat dan pelanggan setia Pertamina yang membutuhkan informasi terkait produk dari Pertamina dapat mengakses web MyPertamina dan memanfaatkan layanan Pertamina Call Center di nomor 135.

Penulis: ElinEditor: Abim