Penjaringan Balon Kepala Daerah dari Partai NasDem di Kepri Dibuka Hingga 11 Mei

BATAMCLICK.COM: Penjaringan Bakal Calon (Bacalah) kepala daerah dari Partai NasDem Provinsi Kepulauan Riau telah resmi dibuka sejak 1 Mei lalu, dan akan berlangsung hingga 11 Mei mendatang. Hal ini diumumkan oleh Ketua Tim Penjaringan DPW Partai NasDem, Teuku Afrizal Dachlan, di kantor DPP Partai NasDem, Komplek Ruko Accelence Blok A/15 Pasti Putih Batam Center Batam, Kamis (09/05/2024).

“Persiapan tahapan sudah dimulai dan berjalan di DPD yang ada di Provinsi Kepri,” ujar Afrizal.

DPP Partai NasDem telah mengeluarkan aturan bahwa setiap provinsi harus membentuk tim penjaringan. Tim penjaringan ini sudah mulai bekerja secara serentak di seluruh negeri dan membuka pendaftaran bacalon untuk Pilkada mendatang.

BACA JUGA:   Persib Pede Balikkan Defisit Dua Gol

“Akan ada tim penjaringan di setiap provinsi termasuk di Provinsi Kepulauan Riau. Saya diberikan kepercayaan untuk menjadi ketua penjaringan,” tambahnya.

Afrizal menjelaskan bahwa di tingkat daerah, tim penjaringan, tim verifikasi, dan tim penetapan bakal calon telah dibentuk.

Penjaringan telah dibuka sejak tanggal 1-7 Mei. Untuk Batam, pendaftaran diperpanjang hingga 11 Mei mendatang, sedangkan enam kabupaten/kota lainnya sudah selesai.

“Beberapa kandidat bakal calon sudah mendaftar untuk Kota Batam. Mereka sudah mengambil formulir pendaftaran dan akan mengembalikan formulir tersebut dalam waktu dekat,” ucap Afrizal.

BACA JUGA:   2 Opsi Messi yang Kabarnya Terancam Tak Main Sampai Januari

Afrizal menambahkan bahwa pendaftaran di tingkat provinsi juga diperpanjang hingga 11 Mei, sejalan dengan pendaftaran di DPD Partai NasDem Batam.

“Sudah ada beberapa figur yang mendaftar, termasuk Ketua DPW Partai NasDem Provinsi Kepri, Muhammad Rudi. Begitu juga di kabupaten dan kota lainnya. Beberapa bakal calon sudah mendadtar,” jelas Afrizal.

Hasil dari seluruh proses penjaringan di tingkat DPD dan DPW akan diumumkan dan dilanjutkan ke DPP untuk ditindaklanjuti pada tanggal 15 Mei mendatang.

“Bakal calon akan mengikuti beberapa tes, termasuk sekolah calon kepala daerah, setelah mereka mendapatkan surat rekomendasi calon kepala daerah dari DPP Partai NasDem,” tambah Afrizal.

BACA JUGA:   Semangat Terus ! Satgas TMMD Pati Lanjut Betonisasi

Meskipun sudah ada nama-nama yang mendaftar, Afrizal belum menerima informasi resmi dari masing-masing DPD Partai NasDem.

Sumber figur calon kepala daerah berasal dari internal maupun eksternal. Afrizal menegaskan bahwa pihaknya akan objektif dalam memilih calon, dengan mempertimbangkan berbagai faktor.

Koalisi antar partai politik terus dijalin. Afrizal berharap Partai NasDem dapat mengusung kader internal dan meraih kemenangan dalam Pilkada mendatang.

“Pak Amsakar belum mendaftar, kalau mau daftar juga masih ada waktu,” ujarnya Afrizal.

Afrizal berharap Partai NasDem dapat mempertahankan dominasinya di Provinsi Kepulauan Riau melalui Pilkada mendatang.(lin)