KPU: Progres coklit data pemilih Pilkada Sumsel capai 85 persen

BATAMCLICK.COM : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Selatan menyebutkan progres pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih Pilkada Serentak Sumsel 2024 mencapai 85 persen.

“Memasuki minggu ketiga, untuk proses coklit data pemilih Pilkada Serentak Sumsel 2024 mencapai 85 persen,” kata Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Sumsel Prahara Andri Kusuma saat diwawancarai di Palembang, Senin.

Ia menjelaskan untuk wilayah yang menyelesaikan coklit itu adalah Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara). Sedangkan, di beberapa daerah lainnya juga akan menyelesaikan pencoklitan itu.

“Saat ini wilayah yang telah menyelesaikan itu Kabupaten Muratara. Namun, Kota Palembang sudah mencapai 75 persen, dan beberapa daerah lainnya juga hampir menyelesaikan pencoklitan,” jelasnya.

BACA JUGA:   Artis K-POP Direncanakan Hadiri Ground Breaking PKS KPBU Hang Nadim

Menurut dia, kendala dalam proses coklit dikarenakan faktor cuaca di Sumsel yang kerap hujan. Lalu, ada rumah warga di beberapa wilayah yang memelihara anjing, sehingga para petugas pemuktahiran data pemilih (pantarlih) kesulitan untuk melakukan pencoklitan.

“Kendala dalam pencoklitan ini ada beberapa daerah di Sumsel itu masih ada yang musim hujan. Lalu, ada rumah warga yang memelihara anjing, sehingga para pantarlih itu takut untuk mendatangi rumah mereka,” ujarnya.

Namun, secara teknis pelaksanaan coklit itu tidak memiliki masalah yang berarti, karena KPU Sumsel telah menggencarkan sosialisasi tahapan coklit kepada masyarakat.

BACA JUGA:   Karyawati Hotel Tewas Tertutup Bantal, Motor dan Ponselnya Raib

“Jadi tokoh masyarakat dan kepala desa telah mengetahui bahwa proses tahapan pencoklitan ini telah dimulai. Sehingga, mereka juga membantu menginformasikan kepada masyarakat akan ada petugas pantarlih yang datang ke rumah untuk melakukan coklit,” katanya.

Ia mengatakan proses coklit itu secara nasional berlangsung hingga 24 Juli 2024. Akan tetapi, pihaknya menargetkan dalam tiga ataupun empat hari ke depan menyelesaikan pencoklitan.

“Proses coklit ini tersisa dua minggu lagi, namun kami menargetkan dalam tiga atau empat hari lagi menyelesaikan pencoklitan,” kata Andri.

KPU Sumsel mencatat jumlah pemilih pada Pilkada Serentak 2024 di wilayah itu berdasarkan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) sebanyak 6.320.524 orang.

BACA JUGA:   Belajar Ternak Puyuh Juga Dilakoni Satgas TMMD

SUMBER : ANTARA