Cara Bayar dan Cek Tagihan PDAM Secara Online yang Super Praktis!

https://www.pexels.com/photo/woman-sitting-on-sofa-while-looking-at-phone-with-laptop-on-lap-920382/

Air bersih adalah salah satu kebutuhan yang sering digunakan sehari-hari, seperti untuk mandi, makan, minum, hingga mencuci. Karena besarnya kebutuhan Anda terhadap pasokan air, maka Anda harus rutin cek tagihan pdam dan membayar tagihan tersebut tepat waktu. Biasanya tagihan PDAM harus dibayarkan setiap bulan.

Bayar tagihan PDAM tepat waktu merupakan tanggung jawab Anda agar aliran air bersih tetap lancar dan tidak terputus. Pasalnya keterlambatan pembayaran bisa menyebabkan gangguan pasokan air yang berdampak pada kebersihan, kesehatan, dan kenyamanan keluarga. Tentunya Anda tidak ingin mengalami hal tersebut, ‘kan?

Cara Bayar dan Cek Tagihan PDAM Secara Online yang Super Praktis

Selain gangguan air bersih, keterlambatan membayar PDAM juga bisa membuat Anda dikenakan denda yang akan menambah beban finansial keluarga. Denda ini bisa cukup signifikan, terutama jika pembayaran tertunda selama beberapa bulan. Selain itu, PDAM berhak memutus pasokan air jika tagihan tidak dibayar dalam jangka waktu tertentu.

Untuk menghindari semua dampak negatif tersebut, Anda harus selalu membayar tagihan PDAM tepat waktu. Namun jangan khawatir, karena kini Anda bisa mengecek dan membayar tagihan PDAM secara online yang sangat praktis dan mudah. Lalu bagaimana cara bayar dan cara cek tagihan PDAM? Berikut ini informasinya!

BACA JUGA:   Galeri Foto: Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Karimun Dalam Agenda Pembahasan LKPJ Bupati Karimun Tahun Anggaran 2020

1. Buka Situs atau Aplikasi Blibli

Blibli adalah marketplace  terbaik di Indonesia yang menyediakan berbagai layanan untuk memudahkan Anda, termasuk pembayaran tagihan PDAM. Anda dapat mengunduh aplikasi Blibli dari Google Play Store dan Apple App Store atau langsung mengakses situs website Blibli melalui browser.

Setelah membuka aplikasi atau situs Blibli, pastikan Anda sudah memiliki akun. Jika belum, Anda perlu mendaftar ke akun Blibli terlebih dulu. Tenang, proses registrasi ini cepat dan mudah, hanya memerlukan beberapa menit saja. Setelah berhasil mendaftar, login ke akun Blibli Anda untuk melanjutkan proses pembayaran.

2. Klik Penyedia Serta Cantumkan Nomor Pelanggan

Setelah berhasil login, langkah berikutnya adalah pilih menu Tagihan Air. Lalu klik layanan penyedia PDAM yang sesuai dengan tempat tinggal Anda. Blibli tentunya sudah menyediakan daftar penyedia layanan PDAM secara lengkap mulai dari Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA:   Kemendikbud Lakukan Pendampingan Pemanfaatan Buku Bacaan Bermutu

Dengan menggunakan menu ini di Blibli, Anda juga bisa sekaligus membayarkan tagihan PDAM untuk anggota keluarga lainnya agar lebih hemat waktu. Setelah itu, pastikan Anda mencantumkan nomor pelanggan PDAM yang dimiliki dengan benar. Ingat, Anda harus memasukan nomor yang sesuai.

3. Cek Rincian Tagihan

Setelah memasukkan nomor pelanggan dan melakukan pengecekan, sistem akan menampilkan rincian tagihan PDAM Anda. Rincian ini mencakup jumlah tagihan, periode tagihan, dan informasi lainnya terkait penggunaan air. Pastikan Anda memeriksa rincian tagihan ini dengan teliti untuk memastikan tidak ada kesalahan.

Jika semua informasi sudah benar, besarnya tagihan PDAM akan Anda muncul otomatis di layar. Anda juga harus mengecek tagihan tersebut secara detail untuk mengetahui berapa banyak budget yang harus Anda keluarkan untuk membayar air. Kemudian Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya yaitu pembayaran.

4. Lakukan Pembayaran

Apabila Anda sudah memastikan rincian tagihan benar, Anda bisa langsung melanjutkan ke proses pembayaran. Blibli menyediakan berbagai metode pembayaran secara lengkap, seperti transfer bank, kartu kredit, atau e-wallet. Bayar tagihan Anda dengan menggunakan metode yang paling nyaman.

BACA JUGA:   Inilah Wajah Teuku Iqbal, Peramal yang Sebut Mbak You Meninggal di 2021

Ikuti instruksi yang diberikan untuk menyelesaikan proses pembayaran. Setelah pembayaran berhasil, Anda akan menerima konfirmasi melalui email atau notifikasi di aplikasi Blibli. Simpan bukti pembayaran ini jika diperlukan di kemudian hari. Dengan begitu, pembayaran tagihan PDAM Anda selesai.

Cara bayar dan cara cek tagihan PDAM di Blibli sangat mudah, ‘kan? Melunasi tagihan PDAM di Blibli memiliki banyak keuntungan untuk Anda. Blibli menawarkan kemudahan, kenyamanan, dan keamanan dalam setiap transaksi. Anda juga dapat membayar tagihan kapan saja dan di mana saja tanpa harus pergi ke loket pembayaran.

Jangan biarkan tagihan air Anda menggunung, ayo segera cek dan bayar tagihan PDAM Anda di Blibli dan nikmati berbagai kemudahan serta keuntungannya. Dengan hanya satu platform saja, Anda bisa memenuhi semua kebutuhan bersama Blibli. Jadi tunggu apalagi?