Karantina periksa 10.380 ekor hewan ternak masuk Kalsel pada Mei 2024

BATAMCLICK.COM : Balai Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan Kalimantan Selatan (Karantina Kalsel) telah memeriksa sebanyak 10.380 ekor hewan ternak yang masuk ke Kalsel selama Mei 2024.

“Menjelang Idul Adha seperti sekarang, lalu lintas hewan ternak di Kalsel terpantau meningkat,” kata Isrokal selaku Ketua Tim Kerja Karantina Hewan pada Karantina Kalsel di Banjarmasin, Sabtu.

Berdasarkan data dari sistem otomasi perkarantinaan (IQfast-red) pada bulan Mei 2024 tercatat ada masuk sapi sebanyak 5.023 ekor dan kambing sebanyak 5.357 ekor.

Jumlah ini merupakan yang tertinggi jika dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya di tahun 2024 yang jumlah tertingginya berada di angka 3.136 ekor.

BACA JUGA:   Saddam: Gejolak Indo-Pasifik Akan Dibahas di Kongres Pemuda Asia Afrika

Isrokal menyebut petugas karantina selalu bersiaga untuk memastikan persyaratan lalu lintas hewan ternak sudah terpenuhi.

Persyaratan yang dimaksud antara lain disertai dengan hasil uji laboratorium negatif PMK, Brucellosis, LSD, dan anthrax, telah menjalani masa karantina selama 14-28 hari di daerah asal, mempunyai tanda pengenal, serta diberi tindakan perlakuan berupa penyemprotan cairan disinfektan terhadap hewan dan alat angkutnya.

“Karantina mempunyai peran penting dalam melakukan pengawasan terhadap lalu lintas hewan ternak untuk memastikannya sehat dan bebas dari penyakit serta hama penyakit hewan karantina lainnya,” jelasnya.

BACA JUGA:   Vaksinasi Covid-19 di Batam Mencapai 83,88 Persen

Sumber : Antara