Cen Sui Lan Wujudkan Pembangunan Rusunawa Politeknik Batam, Tak Kuasa Tahan Haru Saat Meresmikan

Batamclick.com, Batam – Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri Cen Sui Lan terharu dan bahagia, saat meresmikan rumah susun mahasiswa (rusunawa) Politeknik Negeri Batam, Senin (4/12/2023).

Kini, mahasiswa dan mahasiswi Politeknik Batam yang berasal dari pulau dan daerah pesisir Kepri, tak perlu memikirkan uang kos-kosan atau sewa kontrakan lagi.

Cen Sui Lan bangga dan sangat bersyukur, setelah Rusunawa Politeknik Negeri Batam (Politeknik Batam) sudah siap dan bisa dihuni oleh mahasiswa dan mahasiswi Kepri.

Cen Sui Lan bersyukur, karena apa yang diperjuangkannya dari aspirasi masyarakat Kepri, sudah terealisasi. Baik yang berasal dari pulau kecil maupun dari daerah pesisir wilayah Kepri. Seperti dari Kabupaten Anambas, Natuna, Lingga, Bintan, Karimun dan Kota Tanjungpinang.

Mahasiswa dan mahasiswi yang melanjutkan kuliah sebagi program afirmasi di Politeknik Batam, kini sudah disediakan fasilitas tempat tinggal, dalam bentuk Rusunawa Politeknik Batam tersebut.

“Nyaman tinggal di asrama (rusunawa) ini,” tanya Cen Sui Lan kepada Nurlis, seorang mahasiswa Politeknik Batam berasal dari Anambas.

Nurlis merupakan satu dari sekian banyak mahasiswa yang mendapatkan fasilitas tempat tinggal di Rusunawa Poltek Batam, hasil dari aspirasi Cen Sui Lan.

Cen Sui Lan dan Nurlis sempat berbincang ketika Cen Sui Lan langsung meninjau keadaan kamar-kamar asrama yang baru saja diresmikannya, Senin (4/12/2023).

BACA JUGA:   Mbappe Mau Habis-habisan sampai Hari Terakhirnya di PSG

Pembangunan Rusunawa Politeknik Batam pada tahun anggaran 2022 ini berasal dari dana aspirasi Cen Sui Lan.

Cen Sui Lan menginginkan agar warga masyarakat pesisir dari kabupaten dan kota se-Kepri, apabila melanjutkan kuliah di Politeknik Batam bisa mendapatkan fasilitas tempat tinggal yang nyaman.

“Inilah dukungan dan bantuan saya, untuk kemajuan anak-anak kita yang berasal dari pulau-pulau. Seperti dari Kabupaten Kepulauan Anambas, Natuna, Karimun, Bintan, Lingga dan Kota Tanjungpinang,” ungkap Cen Sui Lan yang peduli terhadap kemajuan pendidikan untuk masyarakat Kepri ini.

Cen Sui Lan mengalokasikan dana aspirasinya pada tahun anggaran 2022, untuk membangun Rusunawa Politeknik Batam ini sebesar Rp5,8 miliar. Kini, pembangunan sudah selesai dan diresmikan. Bahkan, fasilitas bagi mahasiswa dan mahasiswi perguruan tinggi tersebut, sudah bisa dimanfaatkan.

“Alhamdulillah, saya terharu dan bahagia bisa membantu anak-anak kita yang melanjutkan pendidikannya di Politeknik Negeri Batam ini. Anak-anak kita tak perlu memikirkan uang sewa kontrakan atau bayar kos-kosan lagi,” sebut Cen Sui Lan Anggota DPR RI Dapil Kepulauan Riau (Kepri) tersebut.

Dalam kegiatan peresmian Rusunawa Politeknik Negeri Batam tersebut, Cen Sui Lan tak hanya menyampaikan sambutan dan meninjau fasilitas yang ada. Cen Sui Lan turut bersilaturahmi dengan para mahasiswa.

BACA JUGA:   Jose Mourinho Diboikot

Turut hadir dalam peresmian Rusunawa Politeknik Negeri Batam itu Andi Kasatker Penyedian Perumahan Kepri, Danil Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera IV Ditjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR. Serta Dr Uuf Brajawigda Direktur Politeknik Negeri Batam.

Dana Aspirasi Cen Sui Lan
September tahun 2021 lalu, Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri Kunjungan Daerah Pemilihan (Kundapil) ke Politeknik Batam. Dalam kegiatan Kundapil di Kota Batam, Provinsi Kepri ini, Cen Sui Lan disambut Dr Uuf Brajawigda selaku Direktur Politeknik Batam, dan civitas akademika Politeknik Batam.

Dalam pertemuan tersebut, Cen Sui Lan sangat mengapreasi tentang kebijakan tentang afirmasi penerimaan mahasiswa baru Politeknik Batam dengan menggunakan jalur khusus tanpa tes. Jika mengikuti standar biasa dengan sistem komputerisasi, bakal banyak mahasiswa baru yang gagal masuk ke Politeknik Batam.

Maka, kebijakan afirmasi diambil dan perlakukan khusus ini sangat positif. Sehingga mereka bisa mengikuti pendidikan di Politeknik Batam bagi putra putri Kepri yang berasal dari pulau-pulau se-Kepri.

Menurut Cen Sui Lan, kebijakan afirmasi tentang penerimaan jalur khusus bagi putra putrì se-Kepri yang berasal dari pulau-pulau itu, memerlukan akomodasi berupa asrama mahasiswa, atau Rusun Mahasiswa. Rusunawa ini dibutuhkan untuk tempat tinggal mereka. Tahun 2021 ini, Politeknik Batam meloloskan 24 orang mahasiswa dari pulau-pulau.

BACA JUGA:   Gunakan Ember Sebagai Alat Takar Agregat Pembuatan Adonan Cor Pada Molen

Berdasarkan penjelasan (presentasi) dan aspirasi Uuf sebagai Direktur Politeknik Batam, Cen Sui Lan menegaskan, untuk tahun anggaran 2022, dirinya akan memasukan program pembangunan Rusunawa Politeknik Batam. Menurutnya, semua pihak harus mensupport (mendukung) kepentingan dunia pendidikan. Khususnya di Provinsi Kepri ini. Karena, ini merupakan sarana dan prasarana pendidikan.

Kini, dana aspirasi Cen Sui Lan sudah terwujud dalam bentuk pembangunan Rusunawa Politeknik Batam. Anak Kepri di daerah pulau dan pesisir tak perlu memikirkan sewa kontrakan, jika kuliah di Politeknik Negeri Batam.