Persani: Rifda percaya diri hadapi Olimpiade setelah pulih dari cedera

BATAMCLICK.COM : Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Senam Indonesia (PB Persani) Ita Yuliati Irawan menyatakan pesenam Rifda Irfanaluthfi sudah cukup percaya diri menghadapi Olimpiade Paris 2024 setelah pulih dari cedera kaki.

“Rifda kelihatannya sudah sangat percaya diri terhadap kondisi kakinya yang mulai pulih. Kebetulan Rifda juga masih relatif cukup muda, 24 tahun, sehingga itu membuat recovery-nya lebih cepat,” ujar Ita kepada awak media usai mendampingi Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo memantau kesiapan Rifda Ifanalutfi menuju Olimpiade Paris 2024 saat menjalani sesi latihan di Elite Club Epicentrum, Kuningan, Jakarta, Jumat.

BACA JUGA:   Pebulu Tangkis Indonesia Buru Gelar dan Poin Olimpiade di Kumamoto

Ia menjelaskan, Rifda telah menjalani penanganan medis berupa operasi kaki serta masa pemulihan selama enam bulan.

Kondisi fisik Rifda saat ini, kata dia, sudah jauh lebih baik. Setelah menjalani pemulihan, Rifda juga sudah menguji penampilannya melalui kompetisi senam Asian Championship 2024 di Tashkent, Uzbekistan.

“Walaupun pada Asian Championship itu Rifda hanya bertanding pada dua alat, tetapi kelihatan Rifda sudah sangat percaya diri terhadap kakinya setelah operasi,” ujarnya.

Ita mengatakan, kepercayaan diri yang kembali dimiliki Rifda membuatnya yakin bahwa pesenam andalan Indonesia itu bisa memberikan hasil terbaik pada Olimpiade Paris.

BACA JUGA:   Polisi Limpahkan Berkas 10 Tersangka Kasus 1,2 Ton Sabu ke Jaksa

Sebelum tampil di Paris, Rifda bersama tim pelatih akan menjalani pemusatan latihan selama lebih dari sebulan di Belanda.

Ita mengatakan, Persani tidak memberikan target bagi Rifda untuk meraih medali pada kompetisi olahraga tertinggi dunia di Paris itu, melainkan cukup dengan menyuguhkan penampilan maksimal dengan semua kemampuan terbaiknya.

Target tersebut, kata dia, cukup realistis mengingat pesaing Rifda adalah para pesenam terbaik dunia yang sudah menjuarai berbagai kompetisi di kancah internasional.

“Untuk target medali, kami bukan pesimistis tetapi banyak sekali saingan yang sudah menjadi juara dunia,” imbuhnya.

BACA JUGA:   Membantu Kesulitan Warga Bagian Dari Komsos

Ita menambahkan, meskipun tidak memasang target medali, Persani memandang bahwa Rifda yang akan tampil untuk pertama kalinya dalam Olimpiade merupakan pencapaian yang luar biasa bagi kemajuan senam Indonesia.

Sumber : Antara