Fisipol UMPR buka pendaftaran mahasiswa baru program RPL

BATAMCLICK.COM : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR), membuka pendaftaran penerimaan mahasiswa baru gelombang II tahun akademik 2024/2025 program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) pada tiga Program Studi (Prodi).

“Pertama pada program studi Magister Administrasi Publik -MAP-, pada prodi S1 Ilmu Komunikasi dan S1 Ilmu Administrasi Negara,” kata Ketua Program Studi S1 Ilmu Administrasi Negara Fisipol UMPR Milka MAP di Palangka Raya, Jumat.

Dia menjelaskan, pada program perkuliahan program RPL, mahasiswa akan menempuh masa studi selama satu hingga satu setengah tahun atau antara 2 hingga 3 semester. Tergantung hasil penilaian terhadap pengalaman kerja para mahasiswa yang dinilaikan pada mata kuliah.

BACA JUGA:   Roma Tampil Tanpa Gairah Hadapi Inter

“Periode pendaftaran program RPL ini pada 31 Mei hingga 29 Juni 2024,” katanya.

Pendaftaran dapat dilakukan secara daring di bit.ly_PMB_FISIPOL-Ganjil_2024 dengan biaya pendaftaran Rp200.000 pada jenjang S1 dan Rp400.000 pada jenjang S2.

Calon mahasiswa juga dapat menghubungi tata usaha Fisipol UMPR di Kampus 1 Universitas Muhammadiyah Palangkaraya komplek Kantor Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Tengah.

Program RPL merupakan pengakuan capaian pembelajaran (CP) seseorang yang diperoleh dari pendidikan formal atau non formal, atau dari pengalaman kerja untuk melanjutkan ke pendidikan formal.

Program pemerintah ini bertujuan mendorong perguruan tinggi memberikan kesempatan calon mahasiswa menyelesaikan pendidikan tinggi atau sarjana.

Secara umum syarat pendaftaran program RPL adalah mengisi formulir pendaftaran, scan surat tugas atau surat keputusan bekerja, scan ijazah SMA sederajat, sertifikat keahlian atau kompetensi, scan KTP atau kartu keluarga dan pas foto dengan latar berwarna.

BACA JUGA:   Perlu Restorasi Hak Kesehatan, Ekonomi, dan Sosial Rakyat di Era “Living with Covid -19”

Fisipol Universitas Muhammadiyah Palangkaraya pun berkomitmen menjadikan seluruh program studinya terus berkontribusi yang signifikan terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Berbagai program studi ini juga merupakan jawaban terhadap kebutuhan masyarakat dan pasar kerja di era perkembangan teknologi dan zaman saat ini. Hal itu baik di bidang pemerintahan, komunikasi publik atau pun berbagai sisi kehidupan bermasyarakat lainnya.

Rektor UMPR Dr Muhammad Yusuf mengatakan, UMPR didirikan pada tahun 1987, dengan visinya yang berbunyi “Unggul dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi berlandaskan Iman dan Taqwa”.

BACA JUGA:   Demi Nikahi Ria Ricis, Teuku Ryan Sampai Resign dari Pekerjaannya

Universitas Muhammadiyah Palangkaraya saat ini terus berkembang menuju perguruan tinggi Muhammadiyah yang berkemajuan, dalam upaya untuk mencapai visi tersebut, UM Palangkaraya saat ini terus membenahi diri.

Pada satu sisi, pembenahan itu dimaksudkan untuk mempercepat pencapaian visi dan misi UM Palangkaraya, dan di sisi lain dimaksudkan untuk memenuhi tuntutan pemerintah dan masyarakat akan perguruan tinggi yang bermutu.

Dalam hal posisi perguruan tinggi se-Indonesia, maka peringkat UM Palangkaraya juga terus mengalami peningkatan. Ini berarti bahwa UM Palangkaraya merupakan universitas swasta terbaik bukan hanya se-Kalteng, bahkan merupakan universitas swasta terbaik se-Kalimantan.

Sumber : Antara