DPRD Ambon minta warga bersihkan selokan antisipasi banjir

BATAMCLICK.COM : DPRD Kota Ambon mengimbau seluruh warga turut serta membersihkan selokan di lingkungan masing-masing untuk mengantisipasi banjir pada musim hujan.

Imbauan ini disampaikan mengingat seringnya terjadi banjir di sejumlah kawasan di Kota Ambon akibat saluran air tersumbat karena tumpukan sampah.

“Kita semua harus sadar bahwa kebersihan lingkungan adalah tanggung jawab bersama. Banjir sering terjadi karena sampah menumpuk di selokan, sehingga air tidak bisa mengalir dengan lancar,” kata Wakil Ketua DPRD Ambon Rustam Latupono, di Ambon, Jumat.

Rustam menekankan pentingnya peran aktif masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan, sehingga masyarakat perlu membersihkan selokan secara rutin.

BACA JUGA:   Presiden Resmi Canangkan Perpres 78/2023, Percepatan Penanganan Rempang Eco-City

Selain itu, ia mengingatkan bahwa pemerintah kota telah menyediakan fasilitas dan petugas kebersihan, namun partisipasi aktif dari masyarakat juga sangat diperlukan demi mengatasi masalah tersebut secara efektif.

“Kita sudah memiliki petugas kebersihan yang bekerja setiap hari, tapi tanpa dukungan dan kesadaran dari masyarakat, upaya tersebut tidak akan maksimal,” ujarnya.

Menurut dia, pengerukan saluran air juga bagian dari langkah preventif terutama di daerah-daerah rawan banjir agar dapat mengurangi risiko bencana.

“Warga diharapkan melaporkan segera jika ada saluran air yang tersumbat atau infrastruktur yang rusak agar bisa segera ditangani,” pinta Rustam.

BACA JUGA:   "Saber Pungli" Malang ungkap praktik pungli dokumen kependudukan

Dengan kerja sama yang baik antara pemerintah dan masyarakat, diharapkan dampak negatif selama musim hujan ini dapat diminimalkan.

Sumber : Antara