Pemkab Aceh Selatan laporkan konflik satwa liar kepada KLHK

BATAMCLICK.COM : Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Selatan melaporkan serta mengoordinasikan penanganan konflik satwa liar dengan masyarakat di daerah itu dengan Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdakab Aceh Selatan Deka Harwinta Zianur di Aceh Selatan, Selasa, mengatakan persoalan konflik satwa dengan masyarakat tersebut dilaporkan Penjabat Bupati Aceh Selatan Cut Syazalisma kepada Direktur Jenderal (Dirjen) KSDAE KLHK Satyawan Pudyatmoko.

“Dirjen KSDAE menyambut apa yang disampaikan Pj Bupati Aceh Selatan terkait konflik satwa. Masalah ini akan ditindaklanjuti direktur terkait yang membidanginya di KLHK,” katanya.

BACA JUGA:    Semarak Menyambut PON XXI Gelar Fun Run Bertabur Hadiah

Deka mengatakan Dirjen KSDAE menjadwalkan dalam waktu dekat akan dilaksanakan rapat di lingkungan internal KLHK terkait permasalahan konflik satwa di Aceh Selatan.

“Apa yang disampaikan kepada KLHK tersebut merupakan upaya pemerintah daerah dalam menanggapi keluhan masyarakat terkait konflik satwa,” katanya.

Sementara itu, Pj Bupati Aceh Selatan Cut Syazalisma mengatakan pemerintah daerah terus berupaya mencari solusi terkait konflik satwa di antaranya gajah dengan masyarakat di wilayah Trumon Timur dan Kluet Tengah.

“Kami berharap apa yang disampaikan terkait konflik satwa tersebut bisa ditangani dengan serius serta ada solusi permanen, sehingga satwa bisa dilindungi dan masyarakat tidak dirugikan,” katanya.

BACA JUGA:   Hilang Sangar Izet Si Pemalak Sopir Truk Usai Ditangkap

Cut Syazalisma mengatakan konflik satwa di antaranya gajah dengan masyarakat tersebut sudah melaporkan kepada Pj Gubernur Aceh Bustami Hamzah. Pj Gubernur Aceh mendorong permasalahan tersebut disampaikan kepada KLHK.

“Selanjutnya, hasil pertemuan kami dengan KLHK akan kami laporkan kepada Pj Gubernur Aceh. Tentunya, Pemkab Aceh Selatan berharap ada solusi terkait persoalan tersebut,” katanya.

Sumber : Antara