YIC Al Markaz Makassar gelar dzikir peringati 1 Muharram 1446 Hijriah

BATAMCLICK.COM : Yayasan Islamic Center (YIC) Al-Markaz Al-Islami Makassar menggelar dzikir, muhasabah serta haflah tilawatil Quran memperingati 1 Muharram, Tahun Baru Islam 1446 Hijriah yang jatuh pada Ahad, 7 Juli 2024.

Ketua Panitia 1 Muharram Masjid Al-Markaz Al-Islami, Muannas, di Makassar, Sabtu, menyampaikan muhasabah adalah kegiatan utama perayaan tahun baru Islam tahun ini.

Pihak YIC Al-Markaz Al-Islami memilih kegiatan muhasabah dengan harapan jamaah yang hadir bisa mengintrospeksi atau mengevaluasi diri untuk lebih baik di tahun 1446 Hijriah.

“Kita merayakan ini juga untuk melakukan introspeksi diri selama setahun terakhir, oleh karena itu salah satu rangkaian acaranya adalah muhasabah atau renungan introspeksi diri, apa-apa yang kita lakukan selama setahun terakhir, berbekal introspeksi kita ke depannya umat Islam itu mempunyai kualitas hidup yang lebih baik,” urai Muannas.

BACA JUGA:   Ketrampilan Anggota Satgas TMMD Rehab RTLH

Peringatan Tahun Baru Islam adalah momentum yang istimewa bagi umat Muslim di seluruh dunia, sebab hari di mana Nabi Muhammad SAW berhijrah dari Makkah ke Madinah dan kemudian membangun negara Islam.

Kegiatan dzikir dan muhasabah ini dipimpin KH Firdaus Maile.

“Kemudian baru tahun ini juga kita menggelar muhasabah, jadi kita mengundang motivator Islam yang bisa memimpin renungan, introspeksi kita bermuhasabah tentang apa-apa yang kita lakukan,” kata dia.

Selain itu, YIC Al-Markaz Al-Islami juga akan menggelar haflah tilawatil Quran yang menghadirkan qariah nasional Raodatul Jannah dan qariah internasional Nurhidayah Sulaiman, sehingga menambah kekhidmatan peringatan Tahun Baru Islam 1446 Hijriah.

BACA JUGA:   Polri Ingatkan Masyarakat Patuhi Aturan Saat Berunjuk Rasa

“Peringatan tahun baru kali ini di Masjid Al-Markaz itu saya kira sangat istimewa, untuk pertama kalinya tahun ini ada namanya haflah tilawatil Quran yang menghadirkan qariah internasional dan qariah nasional,” urainya.

Muannas menuturkan, perayaan tahun baru Islam ini juga menjadi ajang silaturahim bersama jamaah untuk memperkuat ukhuwah Islamiyah.

“Ini akan menjadi sebuah ajang untuk menjalin silaturahim di antara kita semua, jadi memperkuat ukhuwah Islamiyah di dalam menyemarakkan syiar Islam,” terangnya.

Annas, sapaan akrabnya, menargetkan ribuan jamaah hadir pada peringatan Tahun Baru Islam di Masjid Al-Markaz Al-Islami.

BACA JUGA:   Jelang Pesta Demokrasi, Pengurus PWI Kepri Diasuransikan

Rangkaian kegiatan akan diawali dengan shalat Maghrib berjamaah, dilanjutkan dengan dzikir bersama menjelang shalat Isya. Kemudian dilanjutkan dengan rangkaian acara utama yaitu haflah tilawatil Quran dan muhasabah.

SUMBER : ANTARA