Pemkab Gorontalo pastikan keamanan pangan yang beredar

BATAMCLICK.COM : Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo, Provinsi Gorontalo terus berupaya memastikan keamanan pangan yang beredar di masyarakat melalui pengawasan dan uji sampel.

“Sebagai dinas yang bertugas mengawasi keamanan pangan, kami terus melakukan pemantauan di pasar,” ucap Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Gorontalo Hermanto Feybie Asona di Gorontalo, Sabtu.

Hermanto menjelaskan, pemantauan mencakup bahan pangan yang diuji seperti ikan, ayam dan sayuran.

“Bahan pangan nabati diuji untuk batas ambang penggunaan pestisida, sementara ikan dan ayam diuji untuk penggunaan formalin, memastikan konsumen mendapatkan pangan yang aman,” kata dia.

BACA JUGA:   4 Klub yang Bisa Jadi Destinasi Baru Lionel Messi

Lebih lanjut, Hermanto menegaskan bahwa indikator kinerja ketahanan pangan terdiri dari tiga hal, mulai dari ketersediaan pangan, keterjangkauan harga dan akses, serta pemanfaatan bahan pangan.

Ia mengatakan, Dinas Pangan Kabupaten Gorontalo telah melakukan rapat koordinasi dengan lintas organisasi perangkat daerah (OPD) dan pemangku kebijakan lainnya untuk memastikan kualitas pangan yang beredar di wilayah Kabupaten Gorontalo.

“Rapat koordinasi ini bertujuan agar masyarakat memanfaatkan bahan pangan yang aman dari pestisida dan formalin, dan kerja sama lintas OPD serta pemangku kepentingan sangat penting dalam pengawasan keamanan pangan,” ucap dia.

BACA JUGA:   Vaksinasi di Batam Capai 73 Persen, Rudi Beri Penghargaan Kepada Forkompinda

SUMBER : ANTARA