KPU Jember sebut verifikasi faktual calon perseorangan 70 persen TMS

BATAMCLICK.COM : Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jember Hendra Wahyudi menyebutkan bahwa hasil sementara verifikasi faktual dukungan calon perseorangan M. Jaddin Wajads-Arismaya Parahita (Gus Jaddin-Arismaya) dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) sekitar 60-70 persen.

“Hasil pendataan dari panitia pemilihan kecamatan (PPK) yang telah melakukan verifikasi faktual di lapangan tercatat hingga 70 persen dinyatakan TMS karena berbagai hal,” katanya saat dikonfirmasi per telepon di Jember, Sabtu.

Gus Jaddin-Arismaya telah menyerahkan sebanyak berkas dukungan sebagai syarat maju Pilkada Jember melalui jalur perseorangan, namun hasil verifikasi administrasi tercatat sebanyak 135.508 berkas dukungan dinyatakan valid dan dinyatakan lolos verifikasi administrasi beberapa waktu lalu.

BACA JUGA:   Ambil Air di Sungai Irigasi Sawah, Untuk Mencukupi Kebutuhan Pengecoran Jalan

“Temuan di lapangan, mereka tidak mengenal pasangan calon yang maju lewat jalur perseorangan Gus Jaddin-Arismaya, meskipun berkas dukungan berupa KTP mereka digunakan untuk mendukung bakal pasangan calon tersebut,” tuturnya.

Menurutnya, ada beberapa kendala yang ditemui petugas dalam melakukan verifikasi faktual karena di masing-masing kecamatan atau desa tidak ada koordinator dari tim pasangan calon perseorangan tersebut.

“Kami kesulitan untuk menemukan warga yang memberikan dukungan kepada bakal calon perseorangan yang maju dalam Pilkada Jember, bahkan kami mencarinya beberapa kali dan tetap tidak ditemukan,” katanya.

BACA JUGA:   Kapolda Kepri Dan Kapolresta Barelang Tinjau Gerai Vaksin Presisi Di Polsek Jajaran

Selain itu, lanjut dia, sebagian warga merasa tidak pernah menyodorkan KTP untuk mendukung Gus Jaddin-Arismaya saat tim verifikasi faktual dari badan ad hoc KPU Jember menemui warga yang memberikan dukungan.

“Kami akan menyerahkan hasil verifikasi faktual tersebut kepada liaison officer (LO) atau naradamping pasangan calon perseorangan Gus Jaddin-Arismaya dan mereka punya waktu sekitar satu minggu untuk perbaikan data TMS tersebut,” ujarnya.

Sebelumnya bakal calon Bupati Jember jalur perseorangan Gus Jaddin yang dikonfirmasi per telepon menyatakan kesiapan-nya untuk tahapan verifikasi faktual terhadap dukungan yang diberikan masyarakat kepadanya.

BACA JUGA:   Hina Palestina di Medsos, Siswi SMA Ini Dikeluarkan dari Sekolah

“Saya akan melakukan sosialisasi lebih gencar kepada para pendukung yang telah memberikan dukungan kepada kami untuk maju dalam Pilkada Jember 2024, sehingga saya optimistis bahwa verifikasi faktual juga akan lolos,” katanya.

SUMBER : ANTARA