Pemprov Kalsel lestarikan tari topeng

BATAMCLICK.COM : Pemerintah Provinsi(Pemprov) Kalimantan Selatan(Kalsel) melakukan gerakan pelestarian seni budaya daerah khusus kesenian tari topeng dengan menumbuhkan pemerhati dan regenerasi penggiatnya di kalangan anak muda.

Menurut Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalsel Raudati Hildayati di Banjarmasin, Rabu, pihaknya melaksanakan workshop tari topeng untuk melakukan upaya pelestarian kesenian tradisi tersebut pada 5-7 Juni 2024.

“Peserta yang kita undang seniman muda dari perguruan tinggi dan sanggar seni budaya,” ucapnya.

Workshop ini penting dilakukan, ucap dia, karena salah satu kesenian tradisi khas provinsi ini mulai terancam punah lantaran sudah mulai kurang penggiatnya dan minim penerusnya.

BACA JUGA:   Sudarti Warga Tamansari Bersyukur Adanya Program TMMD Di Desanya

“Kesenian tradisi pelan-pelan mulai tergerus zaman, termasuk kesenian tari topeng khas daerah ini,” ujarnya.

Hilda, panggilan akrabnya, menyampaikan, kegiatan yang pihaknya laksanakan ini juga sebagai implementasi Perda nomor 4 tahun 2017 tentang budaya banua dan kearifan lokal yang mana pemerintah daerah wajib melaksanakan pembinaan kesenian sebagai pengaruh utama kesenian daerah.

Karenanya, dia berharap para peserta yang ikut dalam kegiatan ini dapat menyerap materi yang diberikan oleh narasumber dan disebarluaskan kepada seniman-seniman muda lainnya.

“Kegiatan ini menjadi bekal para pelaku seni tari dalam melakukan pengembangan dan memperkaya perbendaharaan khasanah seni tari,” ujarnya.

BACA JUGA:   Rumah Jukardi Diobrak Abrik Tentara

Ditambahkan Kasi Kesenian Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalsel D. Sunjaya Adhiarso, kesenian tari topeng khas provinsi ini banyak jenisnya.

“Kita ingin memperkenalkan kepada generasi muda bahwa di banua kita terdapat banyak jenis tari topeng khas, seperti tari topeng panji Bakumpai yang berasal dari Kabupaten Barito Kuala,” tuturnya.

Karenanya, ungkap dia, dalam rangkaian kegiatan ini juga akan dipentaskan kesenian tari topeng tersebut.

“Kita ingin mengenalkan kepada masyarakat bahwa tari topeng tidak hanya untuk kegiatan ritual. Akan tetapi juga bisa ditampilkan dalam bentuk festival,” demikian katanya.

BACA JUGA:   Tahan Tangis, Ruben Onsu Bongkar Kebohongan Ayu Ting Ting

Sumber : Antara