Pemprov Kalsel bantu alat pencacah rumput untuk kelompok tani

BATAMCLICK.COM : Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel ) memberikan bantuan alat pencacah rumput terbaru untuk kelompok tani di Desa Telaga Baru dan Desa Loktanah Kecamatan Telaga Bauntung, Kabupaten Banjar.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalsel Suparmi di Banjarmasin, Rabu, menjelaskan alat ini sangat efektif untuk membantu para petani peternakan dalam menyiapkan pakan ternak dengan jumlah besar.

“Pencacahan pakan secara manual menggunakan sabit sangat bergantung pada umur rumput. Saat menggunakan mesin, rumput se-tua apa pun bisa dicacah dengan alat ini dan bisa dimakan sapi sampai habis,” ujarnya.

BACA JUGA:   Waktunya Istirahat, Bu Eny Selalu Support Moril Anggota Satgas

Diungkapkan Suparmi, keuntungan yang didapatkan juga dari alat ini dari segi waktu, tentunya lebih cepat.

Karena, lanjut dia, dengan cara manual, peternak perlu menghabiskan waktu sekitar setengah jam untuk mencacah satu ikat rumput berukuran besar, namun menggunakan alat ini hanya beberapa menit.

“Sehingga mempercepat pemberian pakan ratusan ekor sapi yang ada di kandang milik kelompok peternak,” ujarnya.

Suparmi menyampaikan, dengan alat tersebut sangat berdampak positif bagi produktivitas peternakan, produksi daging sapi yang berkualitas.

Pemprov Kalsel, kata dia, berkomitmen untuk mewujudkan swasembada daging sapi dengan berbagai program yang sudah dilakukan.

BACA JUGA:   Everton Bidik Steven Gerrard sebagai Pengganti Ancelotti

Salah satu inovasi yang dilakukan Pemprov Kalsel, yakni program Sistem Integrasi Sapi dan Kelapa Sawit Berbasis Kemitraan Usaha Ternak Inti Plasma (Siska KU Intip).

Program untuk peningkatan produksi dan populasi sapi melalui pemanfaatan lahan sawit inti-plasma, pemanfaatan limbah industri sawit dan pelepah sawit untuk pakan ternak, sudah berjalan cukup baik di Provinsi Kalsel.

Bahkan program ini menjadi percontohan skala nasional.

Sumber : Antara