Pemkot Pangkalpinang latih pengelolaan usaha pondok wisata

BATAMCLICK.COM : Pemerintah Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, melatih pengelolaan usaha pondok wisata agar mampu memberikan pelayanan terbaik dan berkesan kepada tamu.

“Dalam menuju Indonesia Emas 2045, yang pertama adalah membangun sumber daya manusia yang berdaya saing, kegiatan pelatihan kepada para pelaku usaha pondok wisata ini akan mendukung visi misi Pangkalpinang ke depan,” kata pelaksana tugas Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Pangkalpinang Juhaini di Pangkalpinang, Rabu.

Menurut dia, sektor pariwisata merupakan salah satu sektor unggulan yang akan terus dikembangkan pemerintah karena posisi Pangkalpinang sebagai Ibu Kota Provinsi sekaligus pusat aktivitas bisnis yang ada di daerah itu.

BACA JUGA:   Rachmawati Soekarnoputri Wafat, Duka buat Persipura

“Kota Pangkalpinang juga pintu gerbang dari pariwisata di Provinsi Babel, kita saat ini juga sudah memiliki dua desa wisata yaitu Sejagat atau Selindung-Jerambah Gantung dan desa wisata Tuatunu Indah, ini selanjutnya akan terus dikembangkan,” katanya.

Untuk mendukung pembangunan sektor pariwisata, keberadaan pondok wisata atau biasa disebut “homestay” akan memberikan kontribusi positif bagi perekonomian warga karena akan menambah pendapatan dari para tamu yang menginap.

Keberadaan pondok wisata menjadi alternatif bagi para tamu yang ingin mendapatkan tempat tinggal sementara yang nyaman dan murah.

BACA JUGA:   Pemprov Lampung: Nemui Nyimah Fest Simbol Kebersamaan Masyarakat

Selain itu, para tamu yang menginap di pondok wisata juga akan merasakan sendiri budaya atau kebiasaan warga setempat yang didapatkan dari keseharian pemilik usaha pondok wisata.

“Sektor pariwisata menyumbangkan sangat kecil kerusakan lingkungan, artinya bersifat berkelanjutan dan pembangunan pariwisata berkelanjutan saat ini telah menjadi tren dunia,” katanya.

Sumber : Antara