Potensi Hulu Migas Besar, SKK Migas Dorong Peningkatan TKDN Libatkan Vendor Lokal

Batamclick.com, Batam – Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Dwi Soetjipto, menyoroti pentingnya kolaborasi dalam Forum Supply Chain Management dan kapasitas nasional. Forum ini memfasilitasi kerjasama antara pemangku kepentingan, termasuk para pelaku di industri hulu migas.

Dalam konferensi pers setelah membuka acara Pre IOG SCM & NCB Summit di Hotel Radison Batam pada 3 Juli 2024, Dwi mengungkapkan bahwa pengadaan SKK Migas mencapai sekitar Rp 75 Triliun setiap tahunnya. Lebih dari separuhnya, yaitu 58-60%, merupakan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) jasa Migas Indonesia.

BACA JUGA:   Survei: Publik Sangat Puas Dengan Kinerja Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf

Namun, ada tantangan yang perlu diatasi dalam TKDN, terutama terkait kualitas dan ketepatan waktu. Dwi menekankan pentingnya pemenuhan TKDN dengan memperhatikan mutu produk. Bagi vendor nasional, kualitas yang ditolak dapat berdampak besar pada kerugian mereka.

Dwi juga menyarankan agar para vendor mempertimbangkan kapasitas produksi. Jika kapasitas hanya mencakup 200-400 produk, sebaiknya tidak mengambil proyek yang melebihi batas tersebut untuk menghindari masalah kualitas.

Selain itu, Asisten I Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemprov Kepri, Luki Zaiman, menyoroti potensi alam Kepulauan Riau (Kepri) dalam bidang migas. Kepri memiliki peluang untuk terlibat dalam kegiatan KKKS baru dan memberikan kontribusi bagi pengusaha lokal. Luki juga mengapresiasi komitmen SKK Migas dalam meningkatkan TKDN dan mendukung tenaga kerja lokal di Kepriยนโด.

BACA JUGA:   Konten TikTok Dinilai Rendahkan Kaum Istri, Elly Sugigi Dihujat

Semoga informasi ini bermanfaat! Jika ada hal lain yang ingin Anda ketahui, jangan ragu untuk bertanya lagi. ๐Ÿ˜Š

Sumber: Percakapan dengan Copilot, 4/7/2024
(1) Potensi Hulu Migas Besar, SKK Migas Dorong Peningkatan TKDN Libatkan Vendor Lokal. https://batam.tribunnews.com/2024/07/04/potensi-hulu-migas-besar-skk-migas-dorong-peningkatan-tkdn-libatkan-vendor-lokal.
(2) SKK Migas Lanjutkan Rangkaian Pre-IOG SCM & NCB Summit 2024 di Batam. https://www.tribunnews.com/nasional/2024/07/04/skk-migas-lanjutkan-rangkaian-pre-iog-scm-ncb-summit-2024-di-batam.
(3) SKK Migas gencarkan pengeboran minyak kejar target 1 juta barel/hari. https://jogja.antaranews.com/berita/699324/skk-migas-gencarkan-pengeboran-minyak-kejar-target-1-juta-barelhari.
(4) SKK Migas Targetkan Investasi Hulu Migas Naik Rp294 Triliun di 2024. https://economy.okezone.com/read/2024/07/03/320/3029493/skk-migas-targetkan-investasi-hulu-migas-naik-rp294-triliun-di-2024.
(5) skk migas – Kumpulan Berita ANTARA News. https://www.antaranews.com/tag/skk-migas.
(6) Berita Skk Migas Terkini dan Terbaru Hari Ini – SINDOnews. https://www.sindonews.com/topic/848/skk-migas.