Menpora sebut pemain sepak bola diaspora berdampak positif bagi timnas

BATAMCLICK.COM : Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo mengatakan langkah mendatangkan pemain sepak bola keturunan Indonesia yang berada di luar negeri (diaspora) telah memberikan dampak positif bagi pencapaian Timnas Indonesia.

“Kami melihat bahwa pemain diaspora ini memberikan dampak positif, baik dari sisi pencapaian di Piala Asia 2024 yang lolos ke babak 16 besar dan Piala Asia U-23 di mana kita masuk di jajaran empat besar,” ujar Dito melalui akun instagram pribadi: @ditoariotedjo yang dikutip di Jakarta, Selasa.

Ia menyampaikan hal itu berkaitan dengan hasil evaluasi Kemenpora terhadap dampak kehadiran pemain sepak bola diaspora terhadap performa Timnas Indonesia.

BACA JUGA:   Lepaskan Penat Satgas Pra TMMD Kodim 0718/Pati Bersenda Gurau dengan Warga

Beberapa pemain diaspora terbaru yang telah bermain bersama Timnas Indonesia seperti Thom Haye, Ivar Jenner, Rafael Struick, Justin Hubner, Jay Idzes, dan Nathan Tjoe-A-On.

Jumlah pemain diaspora bakal bertambah lagi sebanyak tiga orang yaitu Marteen Paes yang telah mengambil sumpah menjadi warga negara Indonesia serta naturalisasi terhadap Calvin Ronald Verdonk dan Jens Raven yang sudah disetujui Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

Dito mengatakan, kehadiran para pemain diaspora yang telah bermain untuk timnas telah membantu menguatkan potensi Timnas Indonesia untuk menghadapi pertandingan penting di tingkat mancanegara.

BACA JUGA:   Kompak Dan Penuh Semangat, Satgas TMMD Mulai Rambah Sektor Utara

“Kehadiran mereka sangat penting mengingat Indonesia sedang berjuang mendapatkan tiket langsung ke Piala Asia dan lolos ronde ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026,” ujarnya.

Dito mengatakan, langkah mendatangkan pemain diaspora bukan hanya sekedar untuk kebutuhan dalam jangka waktu pendek, namun juga visi jangka panjang.

Adanya pemain diaspora, kata dia, menambah variasi formasi serta meningkatkan edukasi positif dan kompetisi yang sehat guna mendorong prestasi yang lebih baik bagi sepak bola Indonesia.

Sumber : Antara