KPU Garut-Jabar targetkan partisipasi pemilih Pilkada capai 80 persen

BATAMCLICK.COM : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut, Jawa Barat, menargetkan partisipasi pemilih pada pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2024 mencapai 80 persen atau sama seperti target pemilihan umum (pemilu).

“Targetnya minimal sama dengan pemilu kemarin,” kata Ketua KPU Kabupaten Garut Dian Hasanudin di Garut, Selasa.

Ia menuturkan KPU Garut pada Pemilihan Umum 2024 yakni pemilihan presiden dan pemilihan legislatif menargetkan partisipasi pemilih sebesar 80 persen, dan hasilnya melebihi target menjadi 83 persen dari 1,9 jutaan daftar pemilih tetap (DPT).

Target pemilihan bupati/wakil bupati, dan pemilihan gubernur/wakil gubernur, kata dia, memiliki tantangan tersendiri dibandingkan dengan pemilu yang diperkirakan bisa di bawah 83 persen.

BACA JUGA:   Tottenham dan Sevilla Sudah Sepakat, Kounde Malah Ogah Pindah

“Itu tantangannya, biasanya pilkada di bawah pemilu,” kata Dian.

Menurut dia partisipasi masyarakat pada Pilkada Garut berbeda dengan pemilu, seperti persoalan antusias warga Garut yang berada di luar kota, jika tidak pulang saat hari pencoblosan, maka tidak dapat memberikan hak suaranya.

KPU Garut, lanjut dia, saat ini melakukan pemetaan untuk menentukan sasaran sosialisasi dan menyesuaikan jenis kegiatannya agar tepat sasaran ke semua kalangan.

“Semua kalangan, mudah-mudahan bisa terjangkau untuk dilakukan sosialisasi dan pendidikan pemilih,” katanya.

Ia menyampaikan kegiatan sosialisasi akan terus digencarkan ke berbagai kalangan masyarakat, termasuk pemilih pemula, dan melibatkan semua jajaran penyelenggara pilkada di tingkat kecamatan maupun desa.

BACA JUGA:   Cen Sui Lan Alokasikan Dana Aspirasi Rp 400 Juta untuk Bangun Fasilitas Wisata di Desa Tanjung Setelung Natuna

Kegiatan sosialisasi, lanjut dia, akan dilakukan secara kolaborasi dengan semua pemangku kebijakan di Kabupaten Garut, agar bisa tercapai target partisipasi pemilih.

“Makanya kita bakal memperbanyak sosialisasi, dan dibutuhkan kolaborasi semua pihak,” katanya.

Sumber : Antara