Bank Danamon dan BPJS Ketenagakerjaan Kolaborasi Permudah Pembayaran Iuran

BATAMCLICK.Jakarta, 4 Juni 2024 – PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) telah menjalin kerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam penerimaan iuran dan pembayaran klaim. Komitmen ini diresmikan melalui nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) yang ditandatangani di Menara Bank Danamon pada Senin, 3 Juni 2024.

Dalam seremoni penandatanganan MoU tersebut, hadir Daisuke Ejima (Direktur Utama, PT Bank Danamon Indonesia Tbk), Thomas Sudarma (Direktur Enterprise Banking & Financial Institutions, PT Bank Danamon Indonesia Tbk), Herry Hykmanto (Direktur Syariah dan Sustainability Finance PT Bank Danamon Indonesia Tbk), serta jajaran Direksi BPJS Ketenagakerjaan, termasuk Anggoro Eko Cahyo (Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan) dan Asep Rahmat Suwandha (Direktur Keuangan BPJS Ketenagakerjaan).

Ejima menyatakan, “Kerja sama antara Danamon dan BPJS Ketenagakerjaan merupakan wujud komitmen kami dalam memberikan solusi keuangan holistik. Kerja sama ini akan menjadi inisiatif bisnis baru bagi Danamon, dan kami optimis dapat meningkatkan jumlah nasabah dan transaksi ke depannya. Sebagai salah satu bank persepsi, Danamon juga mendukung program BPJS Ketenagakerjaan dan pemerintah untuk meningkatkan jangkauan perlindungan BPJS Ketenagakerjaan untuk setiap lapisan masyarakat.”

BACA JUGA:   Jabatan Ex-Officio BP Batam Beri Manfaat pada Kemudahan Investasi dan Pembangunan Infrastruktur Kota

Dalam mendukung kerja sama ini, Danamon menyediakan berbagai kanal penerimaan iuran dari peserta BPJS Ketenagakerjaan dan pembayaran klaim dari BPJS Ketenagakerjaan. Perusahaan juga dapat memanfaatkan Danamon Cash Connect (Corporat Internet Banking) dan Open API untuk membayar iuran BPJS Ketenagakerjaan seluruh pekerjanya.

Ke depannya, Danamon berkomitmen untuk memperluas jangkauan dan dukungan kepada BPJS Ketenagakerjaan. Pengembangan ini meliputi penerimaan iuran BPJS Ketenagakerjaan melalui lebih dari 1.000 ATM dan 373 Kantor Cabang Danamon, serta pembayaran klaim bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) melalui partner remitansi yang memungkinkan penerimaan iuran dan pembayaran klaim melalui minimarket dan e-commerce di luar negeri.

BACA JUGA:   OJK Gelar Sosialisasi di Politeknik Batam, Kenalkan Peran OJK Pada Mahasiswa

Anggoro Eko Cahyo, Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, menyampaikan apresiasinya kepada Danamon. “Kolaborasi ini bisa menjadi pintu masuk yang baik. Kita mulai dulu dengan kanal pembayaran iuran dan klaim. Namun rasanya ke depan banyak hal yang bisa dikolaborasikan. Semakin banyak stakeholder yang terlibat, akan semakin banyak pekerja di luar sana yang terlindungi.”

“Saat ini kami melayani 40 juta pekerja, dan masih ada 60 juta lagi yang belum terlindungi, di mana mayoritas adalah pekerja informal. Tantangan buat mereka adalah kemudahan dalam membayar iuran. Sehingga kita harus mendorong dengan mempermudah mereka dengan memberikan kanal yang mudah diakses,” tambah Anggoro.

Penulis: ElinEditor: Abim