Bawaslu minta Panwaslih Kab/Kota Aceh segera rekrut pengawas ad hoc

BATAMCLICK.COM : Anggota Badan Pengawas Pemilu(Bawaslu) RI Herwyn JH Malonda meminta Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten/Kota di Aceh untuk segera melakukan rekrutmen pengawas ad hoc.

Hal ini disebabkan tahapan pemilihan yang sudah berjalan serta untuk efektifkan pengawasan tahapan.

“Segera lakukan pembentukan ad hoc. Nanti Panwaslih Aceh akan memberikan laporan kepada kami. Kita akan petakan potensi masalah rekrutmennya sehingga pedomannya kita akan sesuaikan dengan kondisi daerah, supaya bisa membumi dan kontekstual dengan keadaan di sini,” kata Herwyn dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Dia menegaskan saat ini Pemilihan 2024 sudah berada dalam tahapan pemutakhiran data pemilih (mutarlih), sehingga dibutuhkan segera pengawas adhoc untuk turut serta mengawal tahapan tersebut.

BACA JUGA:   Waspada Cuaca Hari ini, Dari Hujan Pertir sampai Kebakaran Hutan, Kepri masuk yang mana?

Selain itu, dia mengatakan pembentukan ini juga bermanfaat untuk pengawasan pencalonan.

Untuk menghadapi tahapan ini, Herwyn juga meminta kepada Panwaslih melakukan percepatan pemahaman ketentuan.

“Jadi saya berharap untuk melakukan percepatan penguasaan ketentuan. Tidak sekedar memahami, tapi percepatan pemahaman regulasi,” ujarnya.

Dalam melakukan percepatan pemahaman, dirinya menyarankan Panwaslih untuk tidak ragu melakukan konsultasi berjenjang ke Panwaslih Aceh.

Selain berdasarkan pengalaman pada Pemilu 2024, Panwaslih Provinsi dan Kabupaten/Kota di Aceh untuk Pemilu dinilai memiliki data dan informasi yang mungkin dibutuhkan oleh Panwaslih kabupaten/kota di Aceh untuk pemilihan gubernur, bupati, dan wali kota.

BACA JUGA:   Hakimi Sudah Deal sama PSG?

“Diskusikanlah secara mendalam dan rutin supaya nanti apa yang akan kita lakukan dapat dipetakan dengan jelas. persoalan secepatnya informasikan ke kita. Jangan pendam masalah bisa saja itu akan menjadi besar. Jadi kita bisa deteksi dari awal masalah tersebut,” jelas Herwyn.

SUMBER : ANTARA