Dubes Heri: 2025 jadi momentum penting bagi diplomasi RI di Jepang

BATAMCLICK.COM : Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi mengatakan bahwa 2025 akan menjadi momentum penting bagi diplomasi Indonesia di Jepang karena akan berpartisipasi pada World Expo 2025 di Osaka.

Hal ini disampaikan Heri, yang didampingi istrinya Nuning Akhmadi dalam sambutan pembukaan Festival Indonesia (FESTINA) di Sendai, Prefektur Miyagi, Jepang pada Minggu (2/6). FESTINA merupakan bagian dari program promosi dan pelayanan terpadu Indonesia-Japan Friendship Day (IJFD) di Sendai pada 31 Mei–2 Juni dan dihadiri lebih dari 200 warga kedua negara.

“2025 penting bagi misi Indonesia di Jepang. Indonesia akan berpartisipasi dalam World Expo 2025 di Osaka. Oleh karenanya, saya mengajak saudara semua untuk hadir mengunjungi Paviliun Indonesia yang mengusung tema Alam, Budaya, dan Masa Depan yang sesuai dengan semangat tujuan pembangunan berkelanjutan,” kata Heri dalam siaran pers KBRI Tokyo di Jakarta, Senin.

BACA JUGA:   Ibarat Pepatah Sambil Menyelam Sambil Minum Air, Sambil Belanja Sambil Bagikan Masker

Pada kesempatan itu, Heri juga didampingi Koordinator Fungsi Politik Ali Andika Wardhana, Koordinator Fungsi Protokol Konsuler Titi Nahilal Hamzah dan sejumlah pejabat KBRI Tokyo lainnya seperti Counsellor Pensosbud, Pendidikan, Atase Keuangan serta Atase Perdagangan.

“Paviliun Indonesia akan hadir strategis bersebelahan dengan paviliun dari Australia dan juga sejumlah organisasi internasional,” kata Heri.

Sebagai bagian dari IJFD Sendai 2024, KBRI Tokyo menyelenggarakan pelayanan dan konsultasi kekonsuleran serta pelayanan pendidikan dan keuangan yang dihadiri lebih dari 300 warga dan diaspora Indonesia yang tinggal di Jepang. Pada kesempatan itu, Heri juga menekankan pentingnya lapor diri bagi WNI di Jepang.

BACA JUGA:   OJK Bali edukasi keuangan kepada 1.000 UMKM di Kabupaten Jembrana

KBRI Tokyo juga hadir mempromosikan produk Indonesia melalui mini bazar pada acara FESTINA.

Dalam rangkaian kegiatan IJFD Sendai 2024, Heri melakukan pertemuan dengan Gubernur Miyagi, Murai Yoshihiro untuk membahas penguatan kerja sama ketenagakerjaan, riset dan industri halal.

Sementara itu, pada pertemuan dengan Wali Kota Sendai, Kohri Kazuko, Heri mendorong pembentukan asosiasi masyarakat Indonesia dan Sendai untuk memperlancar komunikasi sekaligus memperkuat rasa saling percaya masyarakat kedua negara melalui kegiatan Indonesia International Friendship Day yang akan digelar pada musim panas 2025 di Sendai.

BACA JUGA:   Ketua Ranting Bhayangkari Polresta Barelang Puji Kreatifitas Bhayangkari Polsek Batuampar

Hal senada juga disampaikan Heri saat bertemu dengan Miyagi International Association (MIA).

Pada pertemuan dengan Rektor Tohoku University, Heri melakukan penjajakan program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) dan melakukan peninjauan serta berdialog dengan mahasiswa Indonesia di Sendai Iryo Fukushi Vocational College.

Sumber : Antara