Pj Gubernur Jateng targetkan peringkat naik di PON Aceh-Sumut

BATAMCLICK.COM : Penjabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana menargetkan peringkat kontingen dari provinsi tersebut naik pada penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Aceh-Sumatera Utara.

“Kami harapkan adanya peningkatan peringkat. Kalau tahun lalu di (PON) Papua posisi enam, tahun ini kami target peringkat tiga atau empat,” kata Nana setelah meresmikan Lapangan Tenis Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus), Minggu.

Berdasarkan babak kualifikasi PON XXI, total ada 851 atlet dari 61 cabang olahraga yang lolos ke PON XXI Aceh-Sumut, namun hasil analisis KONI Jateng memutuskan hanya akan memberangkatkan 758 atlet untuk 60 cabang olahraga.

BACA JUGA:   Buka Secara Resmi Pelatihan IPMB, Wagub Marlin Sampaikan Kondusifitas Batam Harus Terjaga

Menurut dia, peningkatan prestasi olahraga terus diupayakan oleh Pemerintah Provinsi Jateng, salah satunya bersinergi dengan kalangan perguruan tinggi.

Ia mencontohkan pembangunan fasilitas olahraga oleh perguruan tinggi, seperti lapangan tenis di Unimus merupakan wujud sinergi sehingga bisa meningkatkan prestasi bidang olahraga di Jateng.

“Kami menyambut baik dan mengapresiasi. Lapangan tenis ini tentu akan menarik minat para olahragawan, terutama olahraga tenis lapangan,” kata mantan Kapolda Metro Jaya itu.

Tenis lapangan, kata dia, merupakan salah satu olahraga yang diminati oleh berbagai kalangan, mulai anak muda hingga veteran sehingga, keberadaan lapangan tersebut mampu memberikan manfaat untuk banyak orang.

BACA JUGA:   Kawal Pemilu Terang Benderang, JMSI Bertandang ke KPU RI

Ia berharap upaya yang dilakukan oleh Unimus juga diikuti oleh perguruan tinggi dan instansi lainnya sehingga dapat memacu pencarian bakat dan pembinaan olahraga di Jateng.

“Upaya ini juga akan meningkatkan masyarakat menjadi sehat dan berprestasi,” kata Nana.

Sementara itu, Rektor Unimus Prof Masrukhi mendukung program pemerintah, khususnya dalam membangkitkan dan meningkatkan prestasi olahraga.

Sinergisitas antara perguruan tinggi dan pemerintah, kata dia, akan mendorong pengembangan dan pembinaan olahraga yang sistematis.

“Sebagian besar atlet-atlet juga usia mahasiswa, berada di kampus. Saya kira keinginan Pj Gubernur untuk meningkatkan olahraga di Jawa Tengah bisa terlaksana dengan baik dan sistematis,” katanya.

BACA JUGA:   Percepat Vaksinasi, Brimob Polda Kepri Sasar 2.000 Warga kota Batam

Peresmian Lapangan Tenis Unimus tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Jateng Sumarno, Pj Bupati Pati, Rektor Undip, Rektor Unnes, dan Irwasda Polda Jateng.

Pada kesempatan itu, Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana juga mengikuti pertandingan persahabatan berpasangan dengan Rektor Undip bertanding melawan pasangan Sekda Jateng-Rektor Unimus.

Sumber : Antara