KPU hadirkan Mali dan Mila guna tingkatkan partisipasi di Kota Cirebon

BATAMCLICK.COM : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cirebon, Jawa Barat, menyebutkan kehadiran maskot dua ekor macan putih bernama Mali dan Mila menjadi sarana sosialisasi untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada Pilkada Serentak 2024.

“Nama dua maskot ini memiliki kepanjangan mari memilih (mali) dan memilih langsung (mila). Kami ingin mengajak pemilih untuk menyalurkan hak pilih dalam pilkada serentak,” kata Ketua KPU Kota Cirebon Mardeko di Cirebon, Minggu.

Mardeko menjelaskan bahwa maskot tersebut menggambarkan pemilih di Kota Cirebon dengan desain macan putih yang memakai sarung batik, membawa alat mencoblos, dan memiliki tanda hitam di jari kelingking.

BACA JUGA:   Liverpool Diingatkan MU Bisa Bikin Susah di Old Trafford

Menurut dia, macan putih juga menyimbolkan semangat perjuangan dan keberanian dari masyarakat Kota Cirebon.

“Macan ini melambangkan semangat perjuangan, serta kata macan pada dasarnya adalah singkatan dari frasa manusia cerdas dan amanah,” ujarnya.

Ditegaskan pula bahwa dua maskot ini selalu hadir dalam setiap tahapan pilkada untuk menarik minat pemilih, terutama generasi muda, agar mereka menyadari pentingnya menggunakan hak suara demi memilih calon pemimpin terbaik bagi Kota Cirebon.

Ia menyebutkan peluncuran maskot juga menjadi bagian penting dalam tahapan pilkada serentak sehingga pesta demokrasi tersebut dapat terselenggara dengan baik pada tanggal 27 November 2024.

BACA JUGA:   Irjen Fredy Sambo Ditahan di Mako Brimob

“KPU Kota Cirebon mengajak semua pihak untuk melaksanakan perhelatan pemilihan umum ini secara jujur dan adil,” katanya.

Mardeko mengemukakan bahwa tingkat partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 mencapai 83,44 persen dari total 252.385 nama dalam daftar pemilih tetap (DPT) yang ada di kota itu.

Tingkat partisipasi pemilih tersebut, kata dia, relatif meningkat dari realisasi pada Pemilu 2019 yang angkanya tidak melebihi 80 persen.

Kenaikan tersebut, menurut Mardeko, ​​​​​​menunjukkan mayoritas warga di Kota Cirebon sudah menyalurkan hak pilih pada tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 1.026 lokasi.

BACA JUGA:   Telkom Dukung UMKM di Medan Naik Kelas, Business Matching PaDi UMKM Tembus Rp 55 M

“Hadirnya maskot Mali dan Mila juga diharapkan mampu meningkatkan partisipasi pemilih dalam pilkada di Kota Cirebon,” ucap dia.

Sumber : Antara