Pemkab kenalkan segala kegiatan pendidikan melalui Bantul School Expo

BATAMCLICK.COM : Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar kegiatan bertajuk Bantul School Expo 2024 sebagai upaya mengenalkan segala kegiatan tentang pendidikan yang ada di daerah ini kepada masyarakat luas.

“Tujuan dari school expo ini adalah untuk memperkenalkan tentang segala kegiatan pendidikan di Bantul kepada masyarakat, sebagai salah satu bentuk pertanggungjawaban kita,” kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Bantul Nugroho Eko Setyanto usai membuka Bantul School Expo 2024 di Bantul, Kamis.

Dia mengatakan, setelah mengenalkan pendidikan kepada masyarakat, diharapkan ada kolaborasi dari semua pihak terhadap kemajuan pendidikan yang ada di Bantul, karena pendidikan bisa maju harus melibatkan tiga komponen utama, yaitu sekolah, orang tua, dan masyarakat.

BACA JUGA:   Desa Tamansari Semakin Terlihat Indah Dengan Jalan Barunya

“Dengan demikian pemangku wilayah termasuk di dalamnya keluarga ini penting, apalagi anak anak kita ini memang banyak berkecimpung jamnya itu lebih banyak di keluarga, sehingga tanggung jawab orang tua mutlak untuk diperlukan,” katanya.

Dia mengatakan, Bantul School Expo yang digelar di kawasan Stadion Sultan Agung Bantul selama enam hari ke depan ini dibagi dalam dua gelombang, gelombang pertama tiga hari dari 17 kecamatan masing-masing mengirimkan tiga perwakilan yaitu jenjang TK, SD dan SMP. Kemudian gelombang kedua juga sama.

Dengan demikian, kata dia, total peserta school expo yang terlibat dalam pameran pendidikan ini sebanyak 102 sekolah baik TK, SD dan SMP yang ada di Bantul. Kegiatan yang dibuka bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional 2024 mengambil tema “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar”.

BACA JUGA:   Putaran Roda Angkong Tim Satgas TMMD Kebut Kegiatan Betonisasi Jalan Desa Tamansari

“Dan selama kegiatan di expo kita tampilkan tentang berbagai stan pendidikan dari sekolah yang berisi tentang kegiatan kegiatan pendidikan, yang kalau di dalam kurikulum Merdeka Belajar dikenal dengan P5 (Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila),” katanya.

Dia mengatakan, terdapat berbagai tema pendidikan yang ditampilkan dalam pameran ini, diantaranya kebhinnekaan, wirausaha, pelestarian budaya dan sebagainya yang merupakan kegiatan unggulan dari masing masing sekolah yang ada di Bantul.

“Sehingga kita berharap dengan adanya P5 yang ditampilkan ini, pelajar-pelajar kita akan menjadi semakin mandiri dan kreatif di dalam kita membekali tentang kemampuannya dan juga kecakapan di dalam menghadapi kehidupan ini,” katanya.

BACA JUGA:   KISAH SAPI (KOLOM BURALIMAR)

Sumber : Antara