Ratusan Pembalap Bersaing di Batam Racing Development Championship 2024

Batamclick.com, Batam – Bagi para pecinta otomotif khususnya di Batam, tentunya bukan hanya modifikasi eksterior dan interior saja yang jadi salah satu fokusnya. Ada juga bagian yang kerap jadi sasaran utama untuk diupgrade yaitu mesin.

Karena selain tampilan yang menarik, mengejar peforma saat ikut ajang balapan agar dapat tampil maksimal.
Salah satu ajang balap yang hingga kini masih diminati adalah drag race.

Drag race sendiri adalah di mana kedua mobil berdampingan melaju dalam lintasan lurus mulai dari 201 hingga 402 meter.

Sekitar 700 pembalap dari berbagai daerah ikut dan menyaksikan pertandingan yang digelar Batam Racing Development (BRD) Championships 2024. Gelaran ini berlangsung selama 2 hari di Sirkuit NP Temenggung Abdul Jamal, menciptakan momen seru dalam dunia drag race dan drag bike.

BACA JUGA:   Rudi Minta Mubaligh Ajak Jemaah Selalu Patuhi Protokol

Acara dibuka dengan meriah, dihadiri oleh Ketua IMI Kepri, Rizki Faisal, Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad, Ketua KONI Kepri, Usep RS, dan sejumlah pejabat terkemuka lainnya. Fhirly, pendiri BRC, menyatakan bahwa persiapan untuk kejuaraan ini melibatkan konsep yang berbeda, dengan harapan bahwa perubahan ini akan menjadi ciri khas di seri berikutnya.

“Alhamdulillah, segala persiapan ini kami lakukan dalam waktu kurang lebih 1 bulan. Konsep yang kami terapkan berawal dari diskusi santai dan perencanaan yang matang,” ujar Fhirly kepada awak media, Sabtu (02/03/2024).

Beliau juga berharap kehadiran event seperti ini dapat memberikan edukasi kepada pembalap lokal, membantu mereka meraih prestasi di tingkat nasional.

Seiring dengan itu, Fhirly mengekspresikan keinginan untuk memiliki sirkuit standar nasional di Batam, sebagai langkah positif untuk menumbuhkan lebih banyak atlet balap di daerah ini.

BACA JUGA:   60 Ribu Vaksin Bantuan dari Singapura Tiba di Batam

Sementara itu, Ketua KONI Kepri, Usep RS, memberikan apresiasi terhadap agenda ini, menyebutnya sebagai prestasi olahraga di Kepri, khususnya di bidang otomotif roda dua. Ia berharap pencapaian ini dapat membawa medali bagi Kepri dalam PON 2024.

“Harapan kami adalah bahwa 112 atlet yang telah melalui latihan mandiri dan berangkat pada 9 September 2024 di Aceh dan Sumatera Utara, termasuk 4 atlet roda dua yang membawa nama baik Kepri, tidak terlibat dalam balap liar,” ujar Usep.

Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad, menyambut baik agenda ini, menyatakan bahwa BRD merupakan ajang yang mengasah dan menjadi alat ukur bagi kemampuan atlet. Semakin banyaknya event semacam ini diharapkan dapat membanggakan Batam dan Kepri, serta mengharumkan nama daerah ini di kancah nasional.m

BACA JUGA:   Kendala Mesin Molen Mati Tak Perlu Lama Sukirman Ahlinya

Disinggung terkait sirkuit, Amsakar Achmad menekankan pentingnya ketersediaan dan menjelaskan bahwa pengajuan sirkuit masih memungkinkan dengan syarat dan kewajiban tertentu.

” Hal ini diharapkan dapat mendukung pertumbuhan olahraga otomotif di Batam,” tutur Amsakar.