Warga kumpulkan 4,8 kuintal sampah pascalomba mancing di Pantai Sijile

BATAMCLICK.COM : Puluhan warga Dusun Labuhan Merak, Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, melakukan aksi bersih-bersih Pantai Sijile setelah pelaksanaan lomba memancing “Fishing Camp 2024” dengan berhasil mengumpulkan sampah plastik 4,8 kuintal.

Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Situbondo Roy Hidayat mengemukakan sehari setelah pelaksanaan lomba memancing yang diikuti ratusan angler dari berbagai daerah itu menyisakan banyak sampah yang harus ditangani.

“Banyak sampah di kawasan Pantai Sijile usai lomba memancing, dan ini harus kami bersihkan. Oleh karena itu, kami mengajak warga pesisir di Dusun Labuhan Merak untuk melakukan bersih-bersih pantai,” katanya di Situbondo, Senin.

BACA JUGA:   Ancelotti Balik Latih Madrid?

Selain mengajak warga menangani sampah di pantai sisi utara Taman Nasional Baluran itu, kata dia, 50 warga itu juga mendapatkan materi mengenai manfaat dan kewajiban menjaga kebersihan pantai dari Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

“DKP Pemprov Jatim punya program bersih-bersih pantai dan kami mendapatkan program tersebut, sehingga usai event lomba memancing kami langsung mengajak 50 warga pesisir untuk mengikuti kegiatan ini sekaligus membersihkan sampah di Pantai Sijile,” ujarnya.

Dalam kegiatan bersih-bersih sampah itu, terkumpul 16 karung berisi sampah plastik yang didominasi sampah botol plastik.

BACA JUGA:   Sesuai Arahan Presiden, Batam Tepat Waktu Salurkan Beras PPKM

Masing-masing karung berisi sampah plastik 30 kilogram sehingga total 480 kilogram atau 4,8 kuintal.

“Sampah plastik itu dijual ke bank sampah di Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, dan uangnya dibagikan kepada para peserta pelatihan ‘Aksi Masyarakat Pesisir Bersih Pantai’,” kata Roy, sapaan akrabnya.

Melalui kegiatan bersih-bersih pantai dari sampah ini, dia mengharapkan, masyarakat pesisir bisa lebih paham tentang manfaat kebersihan pantai dan dampaknya bagi masyarakat.

Selain itu, masyarakat diharapkan bisa lebih memanfaatkan sampah plastik.

“Sampah plastik ini tidak terbakar, tidak tertimbun, tapi bisa ditukar uang. Ini yang harus dipahami masyarakat,” ujarnya.

BACA JUGA:   Tidak Hanya Pintar, PNS Perlu Berintegritas dan Berkomitmen

Pada Minggu (30/6), Pemerintah Kabupaten Situbondo menggelar lomba memancing diikuti ratusan peserta berasal dari berbagai daerah.

Bupati Situbondo Karna Suswandi bersama pejabat setempat juga melaksanakan aksi bersih-bersih Pantai Sijile dari sampah bersama warga dan pelajar.

Sumber : Antara